HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Al-Fatah Kritisi Kedudukan Pengawas Sekolah

2

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Ketua Komisi V DPR Aceh, M. Al-Fatah mengkritisi keberadaan kedudukan pengawas sekolah berada di bawah bupati atau wali kota.

Menurut Al-Fatah, sebaiknya pengawas sekolah tidak berada di bawah kabupaten atau kota, melainkan harus berada di bawah kendali kementerian, paling rendah di provinsi.

“Jika tidak di bawah kementrian minimal di bawah gubernur, tidak lagi bertanggung jawab kepada bupati, supaya tidak terjadi unsur-unsur lain,” kata Al- Fatah pada saat menerima para guru Honore K2 di DPRA, Selasa, (20/9).

Hal tersebut disampaikan Al-Fatah bukan untuk mengatakan pengawas di kabupaten kota selama ini tidak bekerja profesional, tetapi jika itu dilakukan di kabupaten kota ditakutkan akan beradu kepentingan dengan kepala daerah.

Al-Fatah menambahkan, pengawas di daerah kadang serius bekerja namun pada saat dibenturkan dengan kepentingan politik kepala daerah akan tidak maksimal. Dia mencontohkan, ketika ada temuan tidak diambil tindakan karena kepala sekolah terkadang diangkat tidak secara profesional, melainkan atas kepentingan bupati.

“Ada yang melaporkan ke kita demikian, dan jika ini yang terjadi, proses pendidikan di daerah tidak maksimal, oleh sebab itu pengawasan bertangung jawab ke gubernur agar kepentingan politik itu dapat dikecilkan,” tuturnya.[***]

loading...