HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gubernur : Potensi Wisata Aceh Akan Terus Dibenahi dan Dimaksimalkan

11

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Pemerintah Aceh terus berbenah dan memaksimalkan berbagai kekayaan dan potensi alam yang berlimpah, baik dalam bentuk kandungan mineral, seperti minyak, gas alam, emas dan berbagai jenis tambang lainnya, serta berbagai potensi wisata alamnya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya dihadapan para peserta Rapat Koordinasi Kebudayaan dan Pariwisata, yang memenuhi Ballroom Hermes Palace Hotel, Senin (19/9/2016).

“Aceh kaya dengan pesona dan keberagaman seni budaya, peninggalan sejarah Islam masa lalu, peninggalan Tsunami yang telah mendunia, serta beragam kuliner Aceh yang telah menjadi daya tarik wisatawan nusantara,” ujar Gubernur.

Pria yang akrab disapa Doto Zaini itu mengungkapkan, Aceh memiliki sekitar 803 objek wisata dan 774 situs dan cagar budaya yang tersebar diberbagai daerah di seluruh Aceh. Seluruh potensi wisata tersebut akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke daerah berjuluk Serambi Mekah ini.

“Berbagai potensi wisata tersebut akan terus kami berdayakan secara arif dengan selalu memelihara nilai budaya lokal dan keseimbangan lingkungan, untuk mensejahterakan rakyat dengan selalu melibatkan peran serta masyarakat.

Sebagaimana diketahui, saat ini Aceh masih bergantung kepada sumber dana transfer dari Pemerintah, seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Otonomi Khusus (Otsus) dan Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas (TDBH Migas).

“Saat ini Aceh sedang mencari sumber-sumber penganggaran produktif lainnya, salah satunya adalah sektor pariwisata. Kami terus mempersiapkan diri saat transfer Dana Otsus dan TDBH Migas berakhir. Pariwisata menjadi leading sector dalam melanjutkan pembangunan Aceh nantinya,” tambah Doto Zaini.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat