HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Juara Dunia, Marquez Tak Perlu Naik Podium Pertama.

4

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Ajang balap MotoGP musim 2016 telah memasuki babak akhir, dengan menyisakan pacuan juara dunia antara Marc Marquez dan Valentino Rossi. Di atas kertas, kans  Marc Marquez, merengkuh gelar juara dunia terbuka lebar. Dia bahkan bisa juara dunia tanpa perlu naik podium pertama pada lima seri terakhir musim ini.

Marquez kini memimpin klasemen sementara pembalap dengan raihan 223 poin, atau unggul 43 poin atas Rossi yang berada di posisi kedua. Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di peringkat ketiga, dengan margin 61 poin dari Marquez. Meskipun secara matematika masih bisa mengejar Marquez, kans Lorenzo untuk jadi juara dunia sangat berat.

Jika melihat hitung-hitungan poin yang bisa diraih pada lima seri terakhir, Marquez seharusnya bisa santai menjalalani sisa balapan musim ini. Baby Alien hanya perlu selalu finis tepat di belakang Rossi pada lima seri balap terakhir untuk mengamankan gelar juara dunia.

Jika Rossi menyapu bersih lima seri dengan naik di podium pertama, poin yang akan diraihnya sebanyak 305. Koleksi angka itu tetap kalah telak dari Marquez yang akan mendapat 323 poin jika selalu finis di posisi kedua hingga musim berakhir.

Namun keadaan bakal berbeda jika Marquez finis di posisi ketiga pada lima seri terakhir. Poin maksimal The Baby Alien akan terpaut dua angka dari Rossi di papan klasemen. Skenario itu bakal membawa Rossi meraih gelar juara dunia kedelapan di kelas MotoGP.

Persaingan gelar juara dunia MotoGP 2016 memang diprediksi hanya terjadi antara Marquez dan Rossi. Lorenzo yang saat ini menduduki peringkat ketiga memiliki peluang yang sangat kecil dibanding kedua pebalap tersebut. Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut hanya akan mengoleksi 287 poin jika bisa naik podium pertama di lima seri terakhir.

Patut dinantikan bagaimana jalannya lima seri terakhir MotoGP yang akan dihelat di Aragon, Motegi, Phillip Island, Sepang dan terakhir Valencia. Marquez hanya perlu fokus agar tidak terjatuh dan finis di posisi kedua untuk mengamankan gelar juara dunia MotoGP untuk kali ketiga.

loading...