HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menteri Pariwisata Sarankan Pemerintah Aceh Ikut Event Bertaraf Internasional

Menteri Pariwisata Arif Yahya didampingi Sekda Aceh, Drs Dermawan, MM dan Kepala Dinas Pariwisata Aceh menabuh rapai, pada peluncuran festival rapai aceh internasional di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (4/8)
6

*Aceh Internasional Rapa’i Festival, Sail Sabang dan Festival Danau Lut Tawar

HARIANACEH.co.id — Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, dalam pemaparan singkatnya sebelum membuka acara menjelaskan, bahwa pariwisata adalah sektor yang sangat menjanjikan dan menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto, penyumbang devisa terbesar keempat dan menyediakan lapangan kerja alternatif.

“PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8 persen dengan trend naik hingga 6,9 persen, jauh lebih tinggi dari industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pertambangan. Sektor ini juga menjadi penyumbang devisa peringkat keempat nasional, yaitu sebesar 9,3 persen dibandingkan industri lain. Sektor pariwisata juga menyumbang sebanyak 9,8 juta lapangan kerja,” ungkap Menpar.

Sedangkan, untuk mempromosikan tiga event besar tahun 2017, yaitu Aceh Internasional Rapa’i Festival, Sail Sabang dan Festival Danau Lut Tawar, Menpar menyarankan agar Pemerintah Aceh mengikuti berbagai event bertaraf internasional.

Arief juga menyarankan Pemerintah Aceh untuk melakukan berbagai pengembangan destinasi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik dengan menggelar berbagai atraksi budaya dan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu perbaikan aksesibilitas darat laut dan udara juga harus dibenahi.

Untuk mendukung berbagai program pengembangan kawasan wisata, Menpar berpesan agar para pemangku kebijakan menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan Sumber Daya manusia, masyarakat dan Industri pariwisata.

Menpar juga mengusulkan tiga program pariwisata prioritas di Aceh, yaitu Aceh menjadi ‘The World’s Best halal Cultural Destination, Sabang menjadi ‘The World’s Best Marine Tourism Destination serta Danau Lut tawar menjadi ‘The World Best Adventure Destination’.

Pembukaaan ditandai dengan penabuhan rapa’i yang dilakukan oleh Menpar, Gubernur Aceh dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza fahlevi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan Bupati dan Wali Kota se-Aceh serta para pelaku wisata Aceh.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat