HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Forum Wartawan Media Cetak dan Elektronik Boikot Wali Kota Langsa

10

HARIANACEH.co.id, LANGSA — 50an wartawan lakukan aksi memboikot pemberitaan terkait Pemerintahan Kota Langsa yang tergabung dalam Forum wartawan/jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik di Kota Langsa dan sekitarnya. Acara pernyataan itu berlangsung di Trimbun Lapangan Merdeka Kota Langsa, Rabu (21/9).

Menurut penilaian mereka, selama Pemerintah Kota Langsa dipimpin oleh Usman Abdullah, SE dan Wakil Walikota Langsa Drs. Marzuki Hamid, MM tidak pantas didukung untuk menjadi Wali Kota Langsa kedepan, pasalnya dalam kepemimpinan pasangan Umara tersebut tidak pernah bermitra dengan Insan Pers.

Demikian pula seperti disampaikan koordinator Forum bersama Wartawan Kota Langsa Yoesdinoer yang merupakan salah seorang wartawan senior di Kota Langsa. Lanjutnya, Walikota Langsa telah mempraktikan metode pecah-belah yang mendikotomikan para insan pers serta memprioritaskan beberapa oknum wartawan tertentu.

Forum Wartawan Kota Langsa Melakukan Boikot atas Pemberitaan Pemerintahan Kota Langsa yang Dipimpin Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid
Forum Wartawan Kota Langsa Melakukan Boikot atas Pemberitaan Pemerintahan Kota Langsa yang Dipimpin Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid, Rabu (21/9). (IST)

Wali Kota Langsa alergi terhadap kritikan dari kalangan insan pers terhadap jalannya roda pemerintahan, padahal sebagai pemimpin Pemerintah Kota Langsa harus peka dan dapat menerima kritikan yang bertujuan untuk perbaikan di kemudian hari.

Yoesdinoer menyebutkan lagi bahwa Pemerintah Kota Langsa harus dapat mempertanggung jawabkan anggaran belanja pada bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Langsa dan lainnya, karena diduga terindikasi adanya praktik Kolusi Korupsi dan nepotisme (KKN) dalam penggelolaan anggaran yang dimaksud. Oleh karena itu para Wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik tersebut akan memboikot segala bentuk pemberitaan terhadap Pemerintah Kota Langsa di bawah kepemimpinan Wali Kota Usman Abdullah, SE dan Wakil Walikota Drs. Marzuki Hamid, MM.

Forum Wartawan Kota Langsa Melakukan Boikot atas Pemberitaan Pemerintahan Kota Langsa yang Dipimpin Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid
Forum Wartawan Kota Langsa Melakukan Boikot atas Pemberitaan Pemerintahan Kota Langsa yang Dipimpin Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid, Rabu (21/9) (IST)

Para insan pers, meminta kepada aparat Penegak Hukum di Kota Langsa untuk mengusut dugaan penyimpangan sejumlah anggaran pembangunan yang bersumber dari APBN, APBA dan APBK Langsa. Adapun penyimpangan tersebut diantaranya, dana proyek Detail Engenering Design (DED) senilai Rp 134 miliar rupiah yang bersumber dari APBN tahun 2016 yang telah dipergunakan dengan tidak melalui proses pembahasan di DPRK Langsa (“proyek pencitraan”).

Dimana penggunaan anggaran yang di maksud tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang penggelolaan keuangan daerah dan Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang penggelolaan keuangan daerah.

Begitu juga dengan dana proyek pembangunan prasarana dan sarana pelabuhan terminal Ferry Kuala Langsa senilai Rp 2,4 miliar rupiah yang bersumber dari APBK Langsa tahun 2013. Mengusut penggunaan anggaran belanja pada bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Langsa dari tahun 2012 hingga sekarang.

Begitupun dengan pengadaan tanah untuk prasarana umum/publik Kota Langsa sebesar Rp. 2.906.155.000 di Gampong Gedubang Aceh Kec. Langsa Baro untuk Tanah Gampong Kapa Kec. Langsa Timur sebanyak RP. 7.122.917.300, sedangkan untuk di Gampong Alur Dua Kec. Langsa Baro sebesar Rp. 5.945.741.800 yang bersumber dari APBA dan OTSUS tahun 2013. Begitu juga sejumlah penyimpangan lainnya selama masa jabatan Walikota Langsa Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid.

Aksi pernyataan sikap Wartawan Kota Langsa ini berlangsung singkat tertib aman dan terarah tidak bernuansa Politik atau diboncengi calon-calon kandidat Bupati maupun Wakil Bupati yang akan bermain merebut simpati masyarakat. (*)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time