HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Oposisi Pemerintah Nyatakan Bahwa Venezuela dalam Krisis Kesehatan

4

HARIANACEH.co.id – Krisis ekonomi yang sedang melanda Venezuela tak hanya berimbas pada kurangnya bahan makanan untuk rakyat, namun juga pada tempat pelayanan publik.

Pekan ini, oposisi Venezuela merilis beberapa foto yang sangat dramatis. Foto-foto tersebut menunjukkan sejumlah bayi yang baru lahir di rumah sakit diletakkan di dalam kardus, bukan di boks bayi lahir pada umumnya.

Menurut laporan, foto-foto ini diambil di Rumah Sakit Lander Guzman yang dikelola pemerintah. Rumah sakit ini terletak di kota pesisir Barcelona, sekitar 315 kilometer dari Caracas.

Seperti dilansir CNN, Kamis (22/9/2016), ketika dikonfirmasi, pihak rumah sakit langsung membantahnya, namun tak bersedia jika awak media memasuki rumah sakit.

“Kami sama sekali tak membenarkan tindakan tersebut. Rumah sakit kami merawat ratusan pasien, kami akui ada kegagalan, namun bisa diperbaiki,” ujar seorang dari rumah sakit tersebut.

Oposisi Venezuela pun seakan terus menekan rumah sakit milik pemerintah tersebut. Disinyalir, buruknya pelayanan rumah sakit ini dapat menjadi sebuah alat untuk melengserkan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro yang dituduh sebagai penyebab krisis ekonomi.

Pada Mei lalu, Majelis Nasional yang dikuasai oposisi menyatakan bahwa selain menderita krisis ekonomi, Venezuela juga menderita krisis kesehatan.

Bulan berikutnya, sejumlah dokter di Majelis Nasional mengecam pemerintah karena kurangnya obat dan peralatan di rumah sakit.

“Menderita sakit di Venezuela berarti akan mati,” ujar seorang dokter yang sekaligus anggota parlemen pada saat itu.

Menurut statistik oposisi, saat ini Venezuela identik dengan kematian, entah itu karena sakit atau kekurangan gizi karena langkanya bahan pokok.

Negara ini dinyatakan kekurangan sekitar 80 persen obat dan lebih dari 13.000 dokter dan tenaga medis telah meninggalkan Venezuela dalam beberapa tahun terakhir karena runtuhnya sektor kesehatan.

Menjawab tuduhan ini, Pemerintah Venezuela pun membantah adanya krisis kesehatan dan mengatakan bahwa Maduro telah membuka lebih dari 2.000 fasilitas perawatan darurat di seluruh bagian Venezuela.

Maduro juga menuduh oposisi merencanakan tuduhan krisis kesehatan ini untuk menggulingkan dirinya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time