HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Apple Siri Kini Punya Pesaing Baru, Namanya Amazon Echo

4

HARIANACEH.co.id – Apple dikabarkan tengah mengembangkan perangkat rumah cerdas berbasis perintah suara, yang memanfaatkan Siri, iOS dan asisten via suara milik MacOS. Perangkat ini dikabarkan mengusung konsep serupa dengan speaker Amazon Echo.

Mengusung konsep serupa, perangkat Apple ini diklaim memiliki integrasi dengan lingkungan rumah cerdas yang lebih baik. Sementara itu, kabar mengenai persiapan Apple dalam menjadikan Siri sebagai pesaing Amazon Echo telah beredar sejak Mei lalu.

Phone Arena melaporkan, Apple menargetkan berpartisipasi dalam ranah kompetisi yang yang telah diikuti oleh Amazon dan segera oleh Google Home milik Alphabet Inc melalui perangkat ini. Proyek ini mulai dikembangkan Apple pada lebih dari dua tahun lalu, dan telah mengalami kemajuan hingga ke tahap pengujian prototipe.

Perangkat ini dikabarkan dapat mengendalikan peralatan rumah tangga, kunci, lampu, dan gorden via sistem aktivasi suara. Selain itu, perangkat juga dikabarkan dilengkapi dengan teknologi mikrofon dan speaker, dengan sejumlah prototipe termasuk sensor pengenal wajah.

Sensor ini dikabarkan dikembangkan bersama Faceshift dan Emotient, dua startup yang diakuisisi pada dua tahun lalu. Apple juga tengah mempertimbangkan menambahkan informasi pemetaan, untuk memberitahukan pengguna saat harus meninggalkan rumah terkait dan menuju lokasi pertemuan pada jadwal janji yang dibuatnya.

Pengujian prototipe ini dikabarkan dilakukan di rumah insiyur Apple, dan membutuhkan waktu selama enam hingga satu tahun, atau lebih lama. Sementara itu, Apple juga dikabarkan tengah mengembangkan perbaikan untuk Siri.

Perbaikan ini diharapkan dapat memberikan pengguna kebebasan untuk memegang kendali penuh perangkat mereka via perintah suara. Pengembangan tersebut dikabarkan akan berlangsung selama tiga tahun mendatang.

loading...