HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Aceh Tes Kesehatan

29

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Sedikitnya seratusan bakal calon kepala daerah Pilkada 2017 di Aceh mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh, Sabtu, (24/9).

Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Basri M Sabi mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon kepala daerah, baik gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota dilaksana selama dua hari.

“Pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah dilakukan dua hari, pemeriksaan melibatkan sejumlah dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia, Psikolog, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh,” katanya.

Selain menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan psikologis, para peserta juga akan menjalani pemeriksaan narkoba. Bahkan, Paslon kepala daerah yang positif mengkonsumsi narkoba langsung dinyatakan gugur.

“Jika ada calon yang positif narkoba, maka pencalonannya digugurkan. Tes narkoba ini bertahap, mulai urine, darah, hingga pemeriksaan rambut,” terangnya.

Selain terhadap 6 pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, pemeriksaan kesehatan juga diikuti lebih dari seratus calon bupati, wali kota berserta wakil mereka masing-masing.

“Pemeriksaan bersamaan ini, karena di Aceh digelar pilkada serentak antara pemilihan gubernur, bupati dan wali kota di 20 kabupaten/kota,” lanjutnya.

Ia menambahkan, bakal calon pilkada Aceh 2017 itu juga akan mengikuti tes baca Alquran di Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh.

“Uji baca Alquran dilakukan oleh Lembaga Tilawatil Quran Aceh dan Kementerian Agama yang akan dilaksanakan 28 September 2016 dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh,” sebutnya.

Meski demikian, jika salah satu kandidat dinyatakan tidak lulus tes kesehatan dan uji baca Alquran maka calon kepala daerah tersebut dapat digantikan dengan orang lain.

“Jika tidak lulus kesehatan dan uji baca Alquran bisa digantikan kecuali mengundurkan diri. Hasil pemeriksaan nantinya direkomendasikan kepada KIP Aceh, apakah masing-masing bakal calon memenuhi syarat atau tidak,” pungkasnya.

Dari pantauan, pasangan calon Gubernur Aceh yang hadir di hari pertama, diantaranya Muzakir Manaf-TA Khalid, Zakaria Saman-T Alaidinsyah, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali. (Ferdian)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat