HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Susah Tidur ? Kamu Bisa Ikuti Tiga Cara ini

7

HARIANACEH.co.id – Anda tentu pernah kesulitan tidur, bukan? Sebenarnya ada banyak alasan seseorang tidak bisa tidur seperti biasanya. Salah kebanyakan alasan, yakni stress. Stress bisa membuat mata terbuka lebar hingga pagi.

Selain stress, ada juga hal lain yang membuat seseorang sulit tidur. Hal yang paling sering terjadi adalah jadwal tidur yang tidak teratur. Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan Anda mengalami insomnia kronis. Bahkan, jangan salah jika suatu saat nanti Anda harus konsultasi kepada dokter untuk memperbaiki jadwal tidur Anda.

Jika tak bisa tidur, Anda harus menemukan kegiatan cerdas yang bisa membuat Anda tidur dalam beberapa menit. Jangan hanya berbaring dan menunggu keajaiban. Berikut ini yang bisa Anda lakukan seperti dikutip laman Womanitely, Ahad (25/9).

Menulis Jurnal

Ambil jurnal Anda dan mulai menulis tentang kekhawatiran dan masalah Anda. Ini merupakan cara baik untuk berhenti berpikir tentang hal tersebut. Setelah Anda menuliskannya, mulailah berpikir tentang saat-saat paling bahagia dalam hidup Anda. Tulislah.

Sekarang, tuliskan sepuluh hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda. Berpikir dan menulis tentang hal-hal senang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, lebih nyenyak dan bangun lebih bahagia di pagi hari. Jika menulis jurnal bukan hobi Anda, cobalah mengambil secarik kertas dan mulai menulis beberapa cerita kecil bahagia dan menarik. Beberapa orang mengklaim,  ini bisa membantu mereka melawan insomnia.

Menulis jurnal memiliki banyak manfaat yang baik. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda, menyingkirkan pikiran negatif dan menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah Anda. Bahkan, dapat membantu Anda melihat hal-hal yang paling positif dalam hidup Anda.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres, cemas dan depresi. Meditasi juga dikenal bisa untuk mencegah dan melawan gangguan tidur. Cara ini akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Sehingga diharapkan mampu membantu Anda tertidur dengan mudah dan nyenyak sepanjang malam. Berdoa sebelum tidur juga bisa jadi pilihan baik untuk dipertimbangkan.

Baca Buku

Membaca di tempat tidur bisa jadi cara efektif untuk tertidur lebih cepat. Jika Anda bukan seorang pecandu buku, bacalah buku yang Anda temukan di rumah. Waktu 20 menit membaca akan membuat Anda merasa bosan lalu tiudr tanpa menyadarinya.

Jika Anda seorang pecinta buku, hindari membaca buku-buku yang menarik dan favorit Anda. Kalau seperti itu, Anda mungkin akan berakhir membaca buku sepanjang malam. Pilihlah buku inspirasional atau ilmu yang Anda tidak ingin membaca sebelumnya.

loading...