HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rokok Ilegal Bermunculan

Ilustrasi
44

HARIANACEH.co.id, Bogor – Kepala Bidang Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Bogor, Jona Sijabat mendukung diterapkannya Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Nomor 8 Tahun 2016. Pihaknya melakukan pengawasan terhadap bermunculannya beberapa merek rokok ilegal.

“Kami periksa juga beberapa merek rokok yang tidak jelas, ada yang mirip-mirip merek rokok besar seperti Liek Sam Sie, ini harusnya ada cukai nya, nanti kami minta Bea Cukai menindak tegas,” kata dia, Senin (26/9).

Selain beberapa kawasan yang harus steril dari rokok, dia menambahkan, setelah Perda disahkan, promosi iklan terkait rokok di jalan protokol juga harus dihilangkan. Saat ini pemerintah masih memberikan toleransi karena sedang dalam tahap sosialisasi.

“Jalan protokol itu yang penting jalan ramai, bukan jalan provinsi atau nasional, sebelum sanksi sosialisasi dulu,” kata dia.

Jona menambahkan, Perda KTR boleh jadi kontraproduktif dengan penjualan di pasaran. Meski begitu, pihaknya terus mendorong efektivitas Perda KTR ini.

“Ya masih banyak yang jual karena ada regulasinya, yang boleh jual itu seperti apa dan sebagainya, ke depannya bisa jadi seperti minuman keras,” katanya menambahkan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat