HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bahaya Radiasi Ponsel, Membuat Sperma Rusak

11

HARIANACEH.co.id — Banyak ponsel yang berukuran kecil dan ringan membuat siapapun bisa menaruhnya di kantong atau saku celana. Semakin kecil atau ringan ponsel bisa menjadi alasan seseorang untuk membeli ponsel tersebut. Untuk para wanita mungkin tidak masalah, namun bagi para pria?

Dilansir DailyMail, paparan radiasi jangka panjang dari ponsel yang diletakan di kantong celana atau dekat alat kelamin pria bisa merusak sperma. Para pria harus memikirkan hal tersebut pasalnya radiasi dari ponsel dapat menurunkan jumlah sperma sehingga mereka bisa jadi kesulitan memiliki keturunan.

Bahkan dalam penelitian lain disebutkan bahwa radiasi ponsel dapat merusak sperma. Namun hingga saat ini penelitian tersebut memang masih menjadi perdebatan, pasalnya belum ada satu pun penelitian yang dapat membuktikan bahwa paparan radiasi dari ponsel dapat merusak kualitas sperma.

Tapi, Dokter Joel Moskowitz, ahli kesehatan masyarakat UC Berkeley mengungkapkan sebuah pandangan lain tentang perdebatan soal radiasi ponsel tersebut. Menurutnya perdebatan mengenai radiasi ponsel terhadap sperma setidaknya dapat membuka mata dunia mengenai bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan manusia.

Meskipun belum ada bukti, namun tidak ada salahnya bagi para pria untuk menyimpan ponsel di tempat lain, selain kantong atau saku celana tentunya. Namun tak hanya pria, bahaya radiasi ponsel juga harus disadari oleh semua orang karena pada 2011 lalu Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan radiasi ponsel dicurigai bersifat karsinogen 2B, artinya dapat menyebabkan kanker.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time