HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Debat Capres AS 2016 Pertama Dimenangkan Hillary Clinton

Hillary Clinton disebut menang debat pertama Capres AS (Foto: AFP)
4

HARIANACEH.co.id – Media Amerika Serikat (AS) CNN, menyebut Hillary Clinton sebagai pemenang Debas Capres AS 2016 yang pertama.

Berhadapan dengan capres AS dari Partai Republik Donald Trump, Clinton berjibaku menanggapi tema debat pertama ini. Presenter berita Lester Holt menjadi moderator debat di Hofstra University, New York pada Senin 26 September atau Selasa 27 September waktu Indonesia ini.

Debat ini sendiri mengetengahkan tiga tema, yakni arah kebijakan Amerika, kemudian meraih kesejahteraan dan mengamankan Amerika. Berlangsung selama 90 menit, debat ini berjalan dengan saling tanggap antar keduanya.

Clinton tampil sangat tenang dan terkendali sepanjang debat berjalan. Sementara Trump seperti berapi-api dan memberikan perlawanan sesuai terhadap Clinton. Demikian diberitakan Independent, Selasa (27/9/2016).

Poling dari CNN/ORC menyebutkan bahwa warga melihat Clinton menunjukkan penampilan yang kuat. Berdasarkan poling CNN/ORC ini, Clinton dianggap sebagai pemenang dengan 62 persen suara dibandingkan Trump yang hanya mendapatkan 27 persen. Tetapi mereka yang disurvei berasal dari kalangan Demokrat bukan dari publik secara keseluruhan.

Sementara banyak pengamat melihat kemampuan Clinton yang secara efektif menghajar Trump dengan fakta dan angka. The Washington Post bahkan menyebut Clinton seperti terlalu berlebihan melakukan latihan.

Tetapi satu hal yang menonjol adalah permintaan maaf Cinton terkait skandal email. Selain CNN, The New York Times juga mengakui kemenangan Clinton atas Trump.

Namun hal berbeda dituturkan oleh pengamat dari ABC News Rick Klein. Menurutnya tidak ada pemenang dalam debat kali ini.

“Mereka membuktikan bisa saling memberikan perlawanan. Tetapi tidak ada satu pun kandidat yang menunjukkan kemenangan, tidak di debat pertama ini,” tulis Klein.

Selama debat, Clinton tampil penuh senyum seperti terhibur oleh klaim-klaim yang dilontarkan Trump. Clinton sepertinya menikmati melibas Trump dengan pernyataannya mengenai temparamen, pengetahuan bisnis dan ucapannya Trump di masa lalu.

Beberapa kali bahkan mantan Ibu Negara AS itu tampak heran dengan pandangan realitas pengusaha properti itu. Pada satu saat, dia juga menyebut pandangan Trump gila.

Debat kali ini merupakan yang pertama dalam rangkaian debat Capres AS yang berlangsung tiga kali dan satu debat Wapres. Debat kedua akan berlangsung pada 9 Oktober mendatang.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat