HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hillary Clinton Respons dengan Tawa Saat Trump Klaim Tidak Temperamental

7

HARIANACEH.co.id – Dalam beberapa kampanyenya, Donald Trump selalu menegaskan dirinya memiliki penilaian yang jauh lebih baik ketimbang Hillary Clinton. Trump menyebut Clinton tidak pantas menjadi presiden karena sering membuat keputusan buruk.

Hal tersebut kembali diungkapkan Trump dalam debat pertama calon presiden Amerika Serikat di Universitas Hofstra, Hempstead, New York, Senin (26/9/2016).

“Saya memiliki penilaian yang lebih baik dari dia. Itu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. saya juga memiliki temperamen yang lebih baik dari dia,” ujar Trump.

“Saya rasa aset terkuat sejauh ini mungkin adalah temperamen saya. Saya memiliki temperamen pemenang,” sambung dia.

Moderator debat Lester Holt kemudian mempersilakan Hillary Clinton untuk merespons klaim Trump.

“Whoo! baiklah…” ucapnya singkat sembari tertawa ringan, yang diikuti gelak tawa sejumlah penonton debat.

Hillary Clinton dalam debat pertama capres AS di New York
Hillary Clinton dalam debat pertama capres AS di New York. (Foto: AFP)

Clinton menyerang masalah temperamen Trump dengan menggunakan isu nuklir. Menurutnya, Trump tidak cocok menjadi presiden karena emosinya gampang tersulut.

“Sikap dia terhadap senjata nuklir sangat mengkhawatirkan. Seorang pria yang gampang terprovokasi tidak boleh dibiarkan berada di dekat tombol (peluncur nuklir),” ungkap Clinton.

Trump membalas, “ucapan seperti itu sudah basi.” Clinton balik merespons, “Tetapi memang benar. Sangat mendeskripsikan masalahnya (temperamen Trump).”

Holt kemudian bertanya kepada Trump apakah dirinya akan mendukung kebijakan “menyerang duluan” terkait senjata nuklir jika sewaktu-waktu terjadi perang. “Tentu saja saya tidak akan menyerang terlebih dahulu,” tegasnya.

Masih terkait nuklir, Trump menyebut seharusnya Tiongkok pergi ke Korut dan meredam program nuklir rezim Kim Jong-un. Ia juga mengatakan Iran mempunyai kekuatan untuk menghentikan program nuklir Korut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat