HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Laporan Pajak Donald Trump Aka Dibuka ke Publik

5

HARIANACEH.co.id – Donald Trump menegaskan dirinya akan merilis laporan pajaknya ke publik. Selama ini, Trump selalu mengelak saat ditanya mengenai perpajakan.

Dalam debat pertama calon presiden Amerika Serikat (AS), moderator Lester Holt bertanya mengenai laporan pajak kepada Trump. “Bukankah rakyat Amerika berhak mengetahuinya?

Trump menjawab saat ini dirinya masih menjalani proses audit kekayaan.

“Akan segera dirilis setelah audit selesai. Anda akan mengetahui lebih banyak mengenai Donald Trump saat saya merilis laporan setebal 100 halaman,” ujar Trump di Hofstra University, Hempstead, New York, Senin 26 September waktu AS atau Selasa (27/9/2016) waktu Indonesia.

Mengutip ucapan Badan Pengawas Pajak AS (IRS), Holt mengatakan seseorang bisa saja mengeluarkan laporan pajaknya meski sedang diaudit.

Capres asal Partai Republik itu beralasan dirinya selalu diaudit dari waktu ke waktu. Alih-alih menjelaskan lebih lanjut, Trump justru menyerang lawan debatnya, Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

“Saya akan merilis laporan pajak saya meski itu bertentangan dengan saran pengacara saya, jika dia merilis 33 ribu email yang sudah dihapusnya,” kata Trump sambil menunjuk ke Clinton, merujuk pada skandal penggunaan email pribadi saat Clinton masih menjadi Menteri Luar Negeri.

Sejumlah penonton debat bertepuk tangan saat Trump menyerang Clinton. Holt meminta para penonton debat untuk tetap tenang.

Clinton balik menyerang Trump. Ia memaparkan empat kemungkinan mengapa Trump enggan merilis laporan pajaknya.

“Mungkin dia tidak sekaya yang ia bilang. Mungkin dia juga tidak begitu dermawan seperti yang dia bilang. Ketiga, mungkin dia memiliki utang USD600 juta ke beberapa bank asing, atau mungkin dia tidak ingin masyarakat AS mengetahui, bahwa dirinya tidak membayar pajak penghasilan,” ungkap Clinton.

“Saya rasa dia tidak akan pernah merilis laporan pajaknya, karena ada sesuatu yang ia sembunyikan,” sambung wanita 68 tahun itu.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time