HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jelang CIIF 2016, Transformasi Industri Manufaktur Jadi Topik Pembahasan

4

HARIANACEH.co.id, SHANGHAI – Ajang China International Industry fair ke-18 (CIIF 2016) akan digelar dari 1-5 November 2016 di National Exhibition and Convention Center (Shanghai). Setelah 17 tahun keberhasilan penyelenggaraan, acara lima hari ini telah menjadi ajang pengenalan merek bertaraf dunia ( global branding ) dan sarana terbaik serta pameran wajib bagi industri manufaktur. CIIF 2016 menjadi wadah 8 pameran dagang internasional yang terkemuka, di bawah satu induk kegiatan. Mengambil tema “Innovative, Intelligent and Green”, berbagai topik yang diulas di CIIF 2016 mencakup metalworking dan permesinan CNC, otomatisasi industri & solusi IT, pelestarian lingkungan, infrastruktur energi, kendaraan yang hemat energi dan robot.

Dalam sebuah forum terbuka baru-baru ini pada 9 September, para peserta menyerukan berbagai langkah untuk meningkatkan reformasi aspek ekonomi dari sisi penawaran ( supply-side ) dan penerapan efisien dari kebijakan “Made in China 2025” demi meningkatkan mutu industri manufaktur. Proses manufaktur yang canggih (intelligent manufacturing ) telah memainkan peran penting dalam mempromosikan perencanaan “Made in China 2025”, dimulai pada 2014.

Tiongkok akan terus meningkatkan industri manufaktur dan mengembangkan intelligent manufacturing . “Jumlah proyek percontohan yang terkait dengan intelligent manufacturing secara nasional akan mencapai 60, dibandingkan 46 proyek tahun lalu,” kata Feng Fei , Wakil Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) Tiongkok.

CIIF 2016, ajang yang diadakan pemerintah Tiongkok, akan memamerkan berbagai proyek percontohan intelligent manufacturing , yang terdaftar di MIIT. COMAC, ZTE, MengNiu dan produsen dalam negeri lainnya akan mempertunjukkan solusi kegiatan produksi yang canggih secara langsung.

Di samping pemimpin industri manufaktur terkemuka Tiongkok, sejumlah pelaku industri tingkat dunia telah memberi konfirmasi bahwa mereka akan memamerkan banyak teknologi dan produk termutakhir. Siemens, Bosch, SAP serta berbagai perusahaan asal Jerman akan mempertontonkan solusi Industry 4.0 yang dibuat khusus bagi perusahaan manufaktur Tiongkok. ABB, FANUC, YASKAWA, KUKA dan banyak merek robot terkemuka untuk kegiatan produksi ( industrial robot ) akan meluncurkan berbagai model terbaru agar pengguna akhir bisa meningkatkan mutu kegiatan produksi.

Penjualan stan pameran akan segera ditutup dan hasilnya sangat memuaskan. Menurut manajemen CIIF, luas area pameran tahun ini akan mencapai 270.000 meter persegi dan targetnya mendatangkan 2.100 peserta pameran dan 130.000 pengunjung. Lebih dari 50 forum dan konferensi akan mengisi setiap ajang pameran dagang.[]

loading...