HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wartawan Muslim AS Akan Jadi Model Berjilbab di Majalah Playboy

12

HARIANACEH.co.id – Majalah Playboy akan menampilkan model Muslim yang mengenakan jilbab untuk pertama kalinya, langkah yang dikritik sejumlah pihak.

Wartawan Amerika Serikat Noor Tagouri akan tampil dalam penerbitan Renegades bulan Oktober untuk “menantang pandangan bagaimana orang harus bersikap dan bagaimana orang menjalani hidupnya.”

Dengan mengenakan jaket kulit, celana jeans dan sepatu olahraga, Tagouri antara lain menentang anggapan bahwa wanita Muslim bersikap “selalu menerima” atau “tertekan” karena memakai jilbab.

Sejumlah pengguna media sosial yang mengikuti akun Instagram Noor mengkritiknya namun sejumlah lainnya membelanya.

Akun atas nama Ehab Alziadee misalnya menulis, “Apakah orang tuamu bangga atas apa yang Anda capai?” dan dijawab oleh Lesamorai, “Banyak perempuan Muslim yang bangga atas apa yang dia lakukan… Apakah ini yang diajarkan Islam kepadamu?”

Perempuan Arab keturunan Amerika berusia 22 tahun ini mengatakan tujuannya adalah menjadi presenter berita pertama yang mengenakan jilbab di stasiun TV komersial Amerika.

Noor bekerja di Newsy, jaringan video berita Amerika dan juga membuat vlog, video blog di YouTube.

“Merasa Terhormat”

Posting di Twitter yang mengkritik penampilan Noor di Playboy.
Posting di Twitter yang mengkritik penampilan Noor di Playboy.

“Saya merasa terhormat untuk mengatakan bahwa @Playboy menampilkan saya dalam edisi #Renegade 2016!” tulis Noor pekan lalu di akun Instagram yang diikuti oleh sekitar 157.000 orang.

Sejumlah tanggapan termasuk dari akun Traviskane100 yang menulis, “Budaya, agama dan asal usulnya dijual… untuk menyenangkan orang Barat,” sementara Durgao menjawab, “Sebagai pemeluk Kristen saya terkejut atas kebencianmu,” dan ditanggapi lagi oleh 2aijo, “Saya tak tahu apa masalahmu, tapi dia memilih untuk memakai jilbab… Anda tak bisa meminta orang apa yang boleh dan tak boleh dilakukan karena itu bukan hakmu.”

Tagouri mengatakan menjadi reporter yang mengenakan jilbab memberikan rasa percaya diri.

“Menjadi wanita Muslim yang mengenakan jilbab membantu saya mendapatkan kepercayaan,” kata Noor.

Dalam wawancara dengan Washington Post tahun lalu, Noor mengatakan ia menentang anggapan bahwa orang merasa agamanya akan mempengaruhi objektifitasnya.

“Saya memakai jilbab dan ini tidak akan mempengaruhi saya melaporkan berita… Jilbab membantu saya untuk melakukan apa yang ingin saya lakukan.

Apa yang ingin disampaikan Noor kepada para pembaca Playboy?

“Jalani hidupmu seperti yang kamu inginkan dan doronglah yang lain melakukan hal yang sama.”

loading...