HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

38 Kodim Peringati G-30S PKI dan Hari Pancasila

7

HARIANACEH.co.id, Makasar – Memperingati Gerakan 30 S PKI dan Hari Pancasila, Kodam VII Wirabuana secara serentak menggelar Forum Kebangsaan di 38 Kodim, Jumat (30/9/2016)

Peringatan Gerakan 30 S PKI yang jatuh pada 30 September dan hari Pancasila pada 1 Oktober besok, diikuti 1000 warga yang berasal dari kalangan pelajar, anak muda, dan anggota TNI.

Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus SB mengatakan, forum kebangsaan dalam rangka memperingati hari Pancasila ini dilakukan, karena Pancasila sebagai dasar negara Indonesia semakin hari semakin pudar dengan dinamika yang ada.

“TNI sebagai benteng negara menjaga keutuhan negara tidak pernah berhenti menyuarakan dan memberikan pemahaman. Untuk itu, secara serentak di semua wilayah Kodam VII Wirabuana di 38 Kodim menggelar acara secara masif,” kata Agus SB di Makodam VII Wirabuana, Jumat (30/9/2016).

Ia menjelaskan, 1000 masyarakat dan anak muda ini perlu diberikan pemahaman kepada mereka yang belum menyadari Pancasila sebagai dasar negara, dengan melibatkan staf Ahli Kodam VII Wirabuana dan Akademisi.

“Kita berikan sebuah pemahaman, mengajak, memotivasi, menghimbau masyarakat dan generasi muda yang dirasa kurang menyadari agar bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Menurut Agus, saat ini forum kebangsaan seperti sangat diperlukan Indonesia saat ini. Sebab, yang dihadapi Indonesia bukanlah musuh yang harus dilawan dengan perang, namun perang ideologi.

“Saat ini yang kita hadapi perang ekonomi, ideologi, agama dan kebudayaan bukan lagi seperti dulu yang harus perang dan bukan lagi latihan sehingga Pancasila bisa diamalkan,” pungkasnya.

loading...