HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Administrasi Syarat Calon Akhirnya Diplenokan KIP Aceh

8

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Rapat pleno hasil penelitian persyaratan administrasi dokumen pencalonan dan persyaratan calon, dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017 di Media Center KIP Aceh akhirnya diplenokan Komisi Independen Pemilihan (KIP), Jumat (30/9).

Tim penghubung keenam bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh turut menghadiri Rapat pleno tersebut. Di akhir rapat, KIP  menyerahkan hasil penelitian persyaratan administrasi calon kepala daerah kepada tim penghubung.

Dari paparan KIP Aceh terhadap administrasi syarat calon, masih ada beberapa dokumen yang belum diserahkan kepada KIP Aceh, di antaranya bukti terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ijazah yang sudah dilegalisir instansi terkait dan laporan wajib pajak lima tahun terakhir.

Ridwan Hadi selaku Ketua KIP Aceh mengatakan, bahwa semua persyaratan calon harus dipenuhi hingga batas terakhir perbaikan, yaitu 4 Oktober 2016 nanti. Kecuali calon perseorangan, setelah menyerahkan perbaikan syarat dukungan, akan kembali dilakukan verifikasi faktual di lapangan. “Kalau calon tidak memenuhi dokumen syarat calon, mereka tidak bisa ikut Pilkada 2017,” kata Ridwan Hadi.

Dari pantauan HARIANACEH.co.id, Komisioner KIP Aceh, Ridwan Hadi, Basri M Sabi, Muhammad, Hendra Fauzi, dan Robby Syah Putra hadir pada rapat pleno tersebut. Selain itu hadir juga perwakilan dari Panwaslih Aceh.

loading...