HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Cegah Smartphone Mati Mendadak Ikuti 5 Tips Berikut

9

HARIANACEH.co.id — Smartphone Mati mendadak sangat menjengkelkan. Apa yang akan kamu lakukan saat menjumpai daya baterai smartphone Android atau iPhone kamu sudah kritis? Berikut HAI akan bagikan cara mencegah Cegah Smartphone Mati Mendadak dengan 5 tips jitu dibawah ini

.1. Mati dan Nyalakan Kembali Perangkat

Satu hal bilamana smartphone atau perangkat mobile kamu mati karena digunakan seharian tanpa henti. Jika kamu melihat indikator baterai turun 5 atau 10 persen hanya dalam hitungan menit, itu berarti ada sesuatu yang patut dicurigai.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena salah satu aplikasi atau beberapa fungsi di perangkat (Android dan iOS) menyedot habis daya baterai.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah melakukan hard reboot. Dengan cara ini, perangkat kamu ‘dipaksa’ menghentikan fungsinya dan me-restart.

Untuk perangkat iOS (iPhone dan iPad) dapat menggunakan kombinasi tombol dengan menekan dan menahan tombol power dengan tombol home hingga logo Apple muncul.

Sementara pada perangkat Android, ada beberapa cara untuk melakukan hard reboot. Bagi kebanyakan perangkat Android, kamu bisa tekan kombinasi tombol power dan volume down.

Cara lainnya, kamu bisa melepas baterai smartphone jika memang memungkinkan.

2. Cari Aplikasi yang Konsumsi Daya Baterai

Daya baterai kamu masih bermasalah setelah hard reboot? Bila ya, ada baiknya kamu ‘selidiki’ aplikasi apa yang menyedot baterai lebih besar dari seharusnya.

Untuk perangkat Android, kamu bisa tap Settings> Battery, gulir ke bawah dan lihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai paling besar. Tap aplikasi tersebut dan pilih Force Stop.

Di iOS, kamu bisa akses menu Settings> Battery untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang menyedot baterai.

Jika melihat ada aplikasi yang menyedot daya baterai, kamu bisa matikan aplikasi dengan menekan tombol home dua kali dan gulir ‘kartu’ aplikasi ke atas untuk menutupnya.

Cara lain, kamu bisa ‘memutus’ seluruh aktivitas aplikasi dengan mengaksesnya di Settings> General> Background App Refresh dan matikan aplikasi yang kamu rasa perlu.

3. Aktifkan Airplane Mode

Penyebab lain kenapa indikator baterai ‘terjun bebas’ adalah karena kamu sedang berada di area layanan seluler yang jelek. Saat ini terjadi, ponsel kamu akan berusaha terus menerus untuk terkoneksi dengan penyedia selular.

Jika dirasa sedang berada di lokasi dengan jaringan selular yang buruk, ada baiknya kamu menyalakan Airplane Mode.

Untuk perangkat iOS, kamu bisa buka menu Settings, dan aktifkan Airplane Mode, atau swipe layar ponsel ke atas untuk memunculkan jendela Control Center dan tekan tombol Airplane Mode.

Untuk perangkat Android, kamu bisa swipe layar ke bawah untuk memunculkan layar Quick Settings dan pilih tombol Airplane Mode.

Sekadar informasi, kamu tetap masih bisa menggunakan WiFi walau pun Airplane Mode sudah dinyalakan.

4. Aktifkan Modus Battery saver

Baik baterai iOS dan Android akan bertahan lebih lama jika kamu mengaktifkan modus battery saver ini.

Saat modus ini menyala, layar ponsel akan secara otomatis diatur lebih redup dan menonaktifkan beberapa fitur atau aplikasi yang berjalan di background.

Modus ini cukup berguna saat kamu menghadapi situasi sedang di jalan tanpa ada power bank atau membawa unit charger ponsel.

5. Beli Power Bank

Bagi kamu yang sering berpergian pastinya tak akan selalu menemukan stop kontak untuk digunakan.

Saat ini banyak pabrikan power bank yang dapat kamu pilih, baik dari segi bentuk yang unik hingga sampai dengan kapasitas baterai yang ditawarkan.

Ada baiknya untuk membeli kapasitas power bank yang besar. Dengan kapasitas besar, power bank milikmu pun dapat membuat perangkat Android atau iOS tetap menyala hingga seharian atau sampai menemukan stop kontak.

loading...