OTOMOTIF

Dua Desain Motor Ini Bernuansa Klasik Dipatenkan Honda

Honda 300 TT Racer Concept

HARIANACEH.co.id — Pasar motor klasik yang tak lekang oleh zaman sepertinya menggoda Honda. Pemanufaktur kendaraan asal Jepang itu mematenkan dua desain motor modern dengan cita rasa klasik sepanjang September 2016 ini.

Honda sebenarnya sudah memamerkan purwarupa dari kedua motor yang desainnya dipatenkan itu pada ajang Bangkok International Motor Show 2016 yang berlangsung di Ibu Kota Thailand itu pada 23 Maret- 3 April.

Desain yang dipatenkan memang tidak berarti motor itu bakal segera diproduksi (bahkan ada kemungkinan tidak diproduksi sama sekali). Namun setidaknya desain motor tersebut akan terlindungi paten.

Desain pertama yang dipatenkan adalah motor model cafe racer yang nyaris sama dengan Honda 300 TT Racer Concept yang dipamerkan di Bangkok.

Motor ini mengusung konsep motor yang digunakan pembalap cafe tahun 1960-an. Penggabungan desain klasik dengan mesin modern membuatnya bakal masuk dalam kategori gaya Neo Retro Racer.

Setelah mencermati gambar tersebut, kami sepakat dengan penilaian yang dilakukan Indianautosblog, bahwa ada beberapa perbedaan dengan yang dipamerkan di Bangkok. Perbedaan yang terlihat, antara lain pada panel instrumen, sepatbor belakang, dan piringan rem cakram belakang.

Karena baru gambarnya yang dipatenkan, belum ada kabar soal spesifikasi teknis dari motor ini.

Honda 300 TT Racer Concept dibangun dari rangka yang sama dengan CBR300R atau CB300F. Ia juga mengusung mesin bersilinder tunggal 286cc yang sama dengan kedua seri 300 itu. Namun, pada model ini sepertinya Honda menggunakan sub-frame yang berbeda untuk menyokong konfigurasi jok tunggal untuk sang pengendara.

Hingga kini, Honda belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai produksi berkaitan dengan keluarnya paten sketsa tersebut.

Desain Monkey Concept

Honda Monkey Concept © Honda

Honda Monkey Concept
© Honda

Sketsa motor kedua Honda yang juga masuk kantor paten pada September ini adalah penyegaran motor dari varian berdesain kuntet, Honda Monkey.

Mengutip MCN, pergerakan ini merupakan langkah Honda dalam menyikapi kepopuleran MSX125, yang dikenal dengan nama Grom di Amerika Serikat.

Motor tersebut dikatakan memiliki harga terjangkau, menyenangkan, ringan, dan bergaya, serta mampu kompromi dengan kemacetan lalu lintas kota.

Jenama berlogo saya kepak itu sekarang memanfaatkan popularitasnya dengan mencampur fungsi MSX dengan model desain klasik Z50 Monkey.

Narablog lokal TMCblog mengamati desain yang dipatenkan tersebut dan menyimpulkan ada beberapa elemen yang mengadopsi teknologi masa kini. Di antaranya lampu depan sepertinya sudah LED (dilihat dari tipis/ pipihnya headlamp depan), suspensi depan model USD lengkap dengan fork Guard, dan pelek jenis racing/CW dengan desain palang yang mirip mirip desain palang dari Vario 150, atau mungkin malah CB/CBR150.

TERPOPULER

To Top