HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Negara Ini Malah Justru Melarang Warganya untuk Tersenyum

5

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Jangan tersenyum apalagi merenges. Itu prinsip foto untuk paspor di banyak negeri. Kenyataannya di Prancis hal itu digugat oleh seorang pegawai negeri sipil.

Si PNS, sebut saja Thierry (40-an), tak terima paspornya ditolak oleh instansi berwenang. Ekspresi pria itu me-Mona Lisa: sedikit tersenyum tapi tak sepenuhnya ceria (Sky News, Kamis 29/9/2016).

Mona Lisa, lukisan cat minyak di atas kayu, adalah karya Leonardo da Vinci (1452-1519). Yang terkenal dari karya pelukis Italia yang tersimpan di Museum Louvre, Paris, itu adalah senyuman si subjek.

Sebagai perbandingan, di Inggris foto paspor juga harus berekspresi netral tanpa senyuman. Tapi kemudian ada alasan teknologisnya.

Alasan itu adalah data biometris wajah pemilik paspor agar foto setiap orang dapat dibedakan oleh komputer.

Kalau fotonya pakai senyum, kabarnya, akan sedikit mempersulit identifikasi. Barangkali kalau tertawa lebar — misalkan boleh — akan lebih merepotkan lagi. Apalagi kalau si pemilik wajah pintar memilin tampang sehingga jadi terpiuh.

Romain Boulet, pengacaranya Thierry, menganggap larangan pemerintah Prancis itu tak berdasar.

Alasannya? Hanya ada aturan si terfoto harus menatap kamera, dengan ekspresi wajar, dan bibir terkatup rapat; tanpa larangan tersenyum.

Bagi Boulet, kalau gugatan ini menang, “Akan memberikan wajah yang semanak bagi orang Prancis ketika tiba di perbatasan negeri mana pun…”

loading...