HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS Langsung Evakuasi Guantanamo Bay Karena Badai Matthew Mendekat

5

HARIANACEH.co.id – Amerika Serikat (AS) bersiap mengevakuasi fasilitas Guantanamo Bay di Kuba di tengah ancaman Badai Matthew.

Fasilitas tersebut, yang dikenal dengan penjara untuk tahanan Perang Afghanistan, diprediksi akan terkena imbas Matthew.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) melaporkan kekuatan Matthew berada di level 4 dan bergerak dari Kepulauan Karibia menuju utara dengan kecepatan putaran angin hingga 240 kilometer per jam.

Mata badai Matthew diprediksi tidak akan mengenai Jamaika, namun imbasnya akan tetap terasa di negara tersebut dan juga Haiti serta timur Kuba, tempat Guantanamo Bay berdiri.

Republik Dominika juga telah mengeluarkan peringatan badai tropis.

NHC mengatakan hujan yang dibawa Matthew dapat memicu tanah longsor dan banjir berbahaya. Prediksi terbaru NHC adalah Matthew akan melanda selatan Haiti pada Senin besok dan mencapai Kuba 12 jam setelahnya.

Haiti mulai mengevakuasi warganya di pesisir selatan yang terancam terkena gelombang tinggi air laut. “Kami telah memulai evakuasi. Operasi darurat telah diaktifkan,” kata Albert Moulion, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Haiti, seperti dikutip Sky News, Minggu (2/10).

Angkatan Laut AS mengatakan 700 kepala keluarga dan anak-anak akan diterbangkan dari fasilitas Guantanamo Bay ke Florida. “Personel militer dan warga sipil yang tersisa akan berlindung di Guantanamon dan akan membantu proses pembersihan setelah situasi aman,” ujar juru bicara AL AS.

loading...