HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mengapa Burung Tak Pernah Bertabrakan Meskipun Mereka Terbang Dalam Kerumunan

3

HARIANACEH.co.id — Tim peneliti Unversitas Queensland berhasil mengungkap rahasia sederhana mengapa burung-burung tak pernah bertabrakan meskipun mereka terbang dalam kerumunan.

Burung-burung tak pernah bertabrakan meskipun mereka terbang dalam kerumunan kelompoknya. Tim peneliti dari Unversity of Queensland berhasil mengungkap rahasia sederhananya: burung selalu berbelok ke arah kanan.

Dalam penelitian itu, tim peneliti melepaskan beberapa ekor burung parkit dari dua ujung terowongan, dan merekamnya menggunakan kamera video berkecepatan tinggi untuk mengamati strategi para burung. Ada 10 burung yang melakukan 102 penerbangan, dan tim mencatat, tak ada satu pun tabrakan yang terjadi.

“Burung pasti mengalami tekanan evolusi yang kuat hingga bisa menguasai keterampilan dasar terbang untuk meminimalkan resiko tabrakan di udara,” kata Mandyam Srinivasan, profesor Queesland Brain Institute (QBI) yang menjadi penulis utama studi.

Selain menunjukkan bahwa burung selalu berbelok ke arah kanan, penelitian ini juga mengungkap bahwa terkadang burung juga mengubah ketinggiannya.

“Burung-burung jarang terbang pada ketinggian yang sama. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah masing-masing individu memiliki preferensi khusus untuk terbang lebih tinggi atau lebih rendah,” kata Srinivasan.

Ia menduga, posisi individu dalam hirearki kelompok menentukan ketinggian terbang burung. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Penemuan ini berpotensi besar untuk diadopsi pada sistem otomatis anti tabrakan di pesawat. “Karena lalu lintas udara semakin padat, ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan sistem otomatis tangguh pada pesawat berawak maupun tanpa awak. Dari penelitian ini, kami bisa mengusulkan beberapa strategi sederhana pada sistem autopilot pesawat untuk mencegah tabrakan,” pungkasnya.

loading...