HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sadarilah, Kesuksesan Setiap Orang Berbeda-beda

Ilustrasi kesuksesan seseorang. (papasemar)
76

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – ‘Ingin menjadi orang sukses’, kalimat ini akan terucap seiring matangnya usia. Namun, banyak orang yang menggenaralisir arti kesuksesan. Banyak masih memiliki anggapan jika sukses diukur dari finansial dan jabatan yang kita miliki.

Kesuksesan akrab dengan tokoh-tokoh besar yang sukses di bidangnya, sebut saja Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Warren Buffet yang amat bergelimang harta dari situ tentunya kita semakin meyakini bahwa arti sukses senantiasa diukur dengan materi.

Padahal, dibalik kesuksesan yang mereka raih banyak hal yang tak kita ketahui. Bisa jadi hasil yang mereka dapatkan saat ini adalah buah dari akumulasi kesuksesan kecil yang mereka raih.

Yakinkan dalam hati, sukses tak melulu soal materi, ikuti kata hati tentang arti sukses dari diri kita sendiri. Berikut ulasannya!

1. Belajar…belajar…dan belajar

Bayangkan, mungkin kita masih menggunakan lilin atau minyak paus untuk penerangan jika saja Thomas Alfa Edison menyerah di percobaan pertama dari 6000 percobaan yang ia lakukan. Jangan pernah menyerah saat mengalami situasi yang memaks kamu hilang keyakinan dengan diri sendiri. Buang jauh-jauh pikiran negatif, ambil hal positif dan pelajari untuk langkah ke depan yang lebih baik.

2. Sukses Dimulai dari Hal Kecil

Tidak semua kesuksesan harus berujung pada hal-hal besar, tetapkan dalam hato untuk sukses mulai dari hal-hal kecil. Misal, saat kamu bisa membuang sampah pada tempatnya, berarti kamu sudah membuat kebaikan dan memudahkan pemulung mencarinya. Ya, bagi kita mungkin itu hanyalah sampah tapi bagi mereka itu adalah emas yang memiliki nilai ekonomis untuk menyambung hidup mereka.

Dari melakukan hal-hal kecil, tanpa sadar telah melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan jauh dari sikap arogan.

3. Sukses Bukan Soal Materi

Bagi sebagian orang memiliki mobil, rumah, dan uang adalah ukuran diri tentang kesuksesan. Namun, kesuksesan tidak melulu soal berapa banyak harta yang kamu miliki.

Tiap orang tentunya memiliki arti sukses berbeda-beda. Sukses pun tak melulu soal diri sendiri. Kesuksesan paling sederhana adalah keberhasilan membuat kebahagiaan untuk diri sendiri juga orang lain. Misal, saat kamu lulus kuliah tepat waktu, sebenarnya di saat itu pula kamu sudah sukses membuat keluargamu bahagia dan bangga.

Dengan lulus lebih cepat tentunya kamu juga bisa memulia karier juga lebih cepat.

4. Sukses Soal Dirimu Bukan Orang Lain

Jangan pernah sekali-kali membandingkan kesuksesan orang lain dengan dirimu, karena kehidupan tiap individu jelas berbeda. Dalam hidup, setiap orang memiliki target sukses yang tidak sama. Apalagi kamu dan orang lain memiliki jalan kehidupan yang tidak sama dan beragam pula.

Menggantungkan cita-cita setinggi langit layaknya sukses para idola sah-sah saja, tapi jangan terlalu berharap hal itu terjadi instan karena mereka pun harus melewati proses yang tidak mudah hingga menjadi seperti saat ini.

Ingatlah bahwa cerita sukses yang dimiliki setiap orang akan selalu berbeda. Jadi, jika #ItuSuksesku, mana cerita sukses mu?

Komentar
Sedang Loading...
Memuat