HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wijnaldum: Kemenagan Tim Lebih Utama Ketimbang Gol Debut

4

HARIANACEH.co.id — Liverpool mulai tampil menjanjikan bersama manajer asal Jerman, Juergen Klopp. Sejumlah pandit Inggris pun mulai menjagokan Liverpool sebagai kandidat juara Liga Primer musim 2016/2017 ini, khususnya setelah berhasil tampil luar biasa saat jungkalkan Chelsea.

Nama-nama seperti Sadio Mane, Adam Lallana, Roberto Firmino, Philippe Coutinho dan Jordan Henderson mulai menunjukkan potensi mereka dan disebut-sebut sebagai sosok penting Liverpool musim ini. Gol-gol mereka menghiasi setiap kemenangan Liverpool.

Namun selain nama-nama di atas, ada sosok lain yang juga memiliki peran tak kalah penting; Georginio Wijnaldum. Pemain yang baru didatangkan pada bursa transfer musim panas 2016 dari Newcastle United ini tampil menyempurnakan lini tengah Liverpool.

Wijnaldum mungkin belum mencatatkan gol bagi Liverpool seperti gelandang lain. Namun gaya permainannya memang harus berubah untuk menyesuaikan dengan skema Liverpool demi stabilitas tim.

Sebenarnya, Klopp membebaskan Wijnaldum untuk bergerak. Klopp ingin gelandang asal Belanda ini bermain dengan nyaman. Namun mantan pemain PSV Eindhoven ini lebih memilih untuk menyesuaikan dengan gaya bermain gelandang Liverpool lain.

“Klopp tak terlalu memberikan tugas khusus pada pemain. Ia memberitahu saya untuk bermain dengan bebas dan bermain sebisa saya,” ujar Wijnaldum seperti yang dilansir situs resmi Liverpool.

“Tapi terkadang saya tidak bisa seperti itu, ini tergantung apa yang dilakukan pemain lain. Sebagai contoh, jika Lallana maju, yang kemudian diikuti Henderson, maka saya harus tetap bertahan di posisi saya,” tambahnya.

Wijnaldum mengatakan bahwa yang dilakukannya di Liverpool ini berbeda dengan yang ia lakukan sebelumnya di Newcastle, di mana ia sering menempati pos gelandang serang. Meskipun begitu ia tak mempermasalahkannya, terlebih ia tetap harus mengutamakan kemenangan tim ketimbang prestasi individu.

“Terkadang saya harus menahan untuk maju, padahal biasanya saya lah yang selalu maju di setiap kesempatan. Tapi sekarang saya harus melihat pemain lain juga. Hal itu yang membuat perubahan dari gaya bermain saya, bahwa saya harus menyesuaikan dengan pemain lain.

Peran yang dijalani Wijnaldum ini memang sangat penting bagi Liverpool. Liverpool memiliki lini serang yang mumpuni, dan The Reds jelas harus memiliki gelandang yang bisa menjaga stabilitas serangan dan pertahanan. Absennya Emre Can dan kerap naiknya Henderson membuat Wijnaldum merasa bahwa ia harus mengemban peran tersebut agar lini tengah Liverpool bisa tetap seimbang. Dan sejauh ini, tugasnya sudah cukup baik di mana Liverpool terus tampil menjanjikan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time