HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Cara Bijak menyimpan Uang Untuk Tabungan

5

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Uang penting dalam kehidupan baik sekarang dan ke depannya. Karena itu, menggunakan uang dengan bijak juga perlu dilakukan terutama antisipasi kejadian tak terduga.

Jadi penting untuk menyiapkan tabungan atau dana darurat. Memang tak mudah untuk mengatur dan menyisihkan untuk tabungan. Perlu komitmen dan keinginan kuat untuk menyisihkan uang untuk dana darurat.

Ingin tahu trik simpan dan bijak gunakan uang? Yuk, simak tips berikut seperti dikutip dari lifehack, Minggu (2/10/2016).

1. Mulai jual, dan berhenti untuk menyimpan barang

Seseorang mungkin punya banyak barang yang tidak mereka gunakan. Akan tetapi, mereka tetap menyimpannya. Karena Anda sudah memilikinya coba untuk menjual barang tidak terpakai tersebut.

Hasil penjualannya pun dapat Anda simpan, dan mulai untuk berhenti simpan barang. Membeli barang yang dibutuhkan bukan diinginkan.

2. Manfaatkan reward untuk konsumen

Ada sejumlah penawaran yang ditawarkan kepada ritel untuk menarik konsumen dengan memberi reward point setiap barang yang dibeli. Coba mendaftarkan untuk memiliki kartu anggota ritel. Dengan memiliki kartu tersebut Anda bisa mendapatkan diskon dan reward untuk mendapatkan poin.

3. Membuat daftar belanja dan patuhi itu

Buat daftar belanja sebelum Anda belanja bulanan. Ini cara mudah untuk menghemat uang dengan membeli barang yang ada di daftar Anda.

Jika Anda membeli tanpa daftar maka Anda bisa beli barang yang tidak direncanakan, dan dapat membuat impulsif saat berbelanja. Ini dapat menguras uang untuk barang yang tidak dibutuhkan.
Hal terpenting Anda harus tetap disiplin untuk tetap mematuhi daftar belanja itu.

4. Jual baju

Coba tengok lemari Anda. Jika Anda menemukan barang tidak dibutuhkan lagi, jangan membuangnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualnya. Atau Anda dapat menyumbangkan pakaian yang masih layak pakai ke panti sosial.

Bandingkan Harga

5. Riset bank

Saat ini bank banyak menawarkan keuntungan kepada nasabah seperti bebas biaya administrasi. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan keuntungan dari bank seperti bebas biaya administrasi.

6. Membandingkan harga

Kebanyakan orang membeli barang di toko sama tapi tanpa sadar kalau toko lain dapat menawarkan spesial harga. Jadi Anda hanya siapkan barang yang Anda beli, kemudian belanja di toko yang berbeda tapi menawarkan harga menarik. Jadi Anda bisa dapatkan harga lebih murah sehingga bisa berhemat.

7. Hindari kartu kredit

Saat ini orang memakai kartu kredit mudah tergoda untuk membeli tanpa rencana atau impulsif buy. Padahal Anda hanya gunakan itu untuk kondisi darurat. Jadi sebaiknya jauhkan kartu kredit dengan tidak menaruh di dompet dan membawanya.

loading...