HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mau Sukses ? Ini Tips Dari Motivator Ary Ginanjar

Ary Ginanjar/Republika
4

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Motivator, Ary Ginanjar Agustian membeberkan rahasia sukses kepada para calon pengusaha muda. Pencetus program pelatihan kecerdasan emosional dan spiritual alias ESQ itu mengatakan, kunci kesuksesan adalah mengubah mindsetalias pola pikir.

“Harus terlebih dahulu membongkar dan memperbaiki alam bawah sadar yang 95 persen memengaruhi kesuksesan,” kata Ary pada Workshop Sejuta Saudagar Indonesia (SSI) di Menara 165, Jakarta, Ahad (2/10).

Masalahnya, kata Ary, mayoritas penduduk Indonesia masih meragukan dirinya bisa sukses. Ia menengarai, salah satu penyebabnya adalah masa penjajahan berabad silam yang memposisikan bangsa Indonesia sebagai inlander.

Tokoh pembangunan karakter itu menekankan perlunya mendobrak anggapan tersebut dan mulai menanamkan hal positif di alam bawah sadar yang punya kekuatan dahsyat. Ia menganalogikan bahwa buah akan tumbuh sesuai dengan apa yang ditanam.

Pria 51 tahun tersebut mencontohkan, hampir semua bangsa besar memiliki motivasi dan tujuan kuat yang diresapi betul oleh seluruh masyarakatnya. Demikian pula klub sepak bola ternama hingga sosok almarhum petinju Muhammad Ali yang telah menanamkan pada alam bawah sadarnya bahwa ialah yang terhebat, bahkan sebelum bertanding.

Ary mengatakan, apa yang diyakini itulah yang mewujud nyata selazimnya ayat Alquran bahwa Allah bergantung pada prasangka hamba-Nya. Secara ilmiah, Ary menjelaskannya sebagai aksi bagian otak bernama Rectangular Activating System (RAS) yang menjadi filter bagi fokus dan perhatian seseorang.

“Tumbuhkan dulu mindset bahwa Anda percaya dan yakin mampu meraih kesuksesan. Kalau sudah ada belief, result atau hasil akan mengikuti,” kata pria yang mendapat gelar Doctor Honoris Causa di bidang pendidikan karakter oleh Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat