HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pasca Idul Adha Harga Kambing Masih Tinggi

Pedagang kambing sedang menunggu pembeli di pasar hewan ulekareng Banda Aceh, Sabtu (01/10/2016). FOTO: HAI/Mahdi Ismail
30

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Lebaran Idul Adha 1437 Hijriah telah berselang lama, namun harga ternak khususnya kambing di pasar hewan masih tinggi. Hal tersebut terjadi karena kambing untuk kebutuhan hewan kurban banyak tersisa atau tidak terjual.

Pantauan Harian Aceh di Pasar Hewan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh pada Sabtu, 1 Oktober 2016, harga kambing masih berkisar antara Rp 650.000 hingga Rp 1.600.000 untuk kambing berumur dibawah satu tahun, sementara untuk kambing aqiqah mencapai Rp 1.600.000 sampai Rp 3.200.000.

Seorang konsumen sedang melakukan penawaran harga kambing di pasar hewan Ulekareng Kota Banda Aceh. (FOTO: Mahdi Ismail)
Seorang konsumen sedang melakukan penawaran harga kambing di pasar hewan Ulekareng Kota Banda Aceh. (FOTO: HAI/Mahdi Ismail)

Salah seorang pedagang kambing di Pasar Ulee Kareng, Subhan menyebutkan, masih mahalnya harga kambing saat ini karena pedagang masih menjual kambing yang tersisa saat lebaran kemarin. Harga juga menjadi lebih mahal karena pedagang telah memelihara kambing tersebut lebih dari dua bulan.

“Saya tidak membeli kambing di pasar hewan karena harganya masih tinggi, para pedagang masih menjual kambing sisa kambing kurban, jadi dengan harga semahal itu, tidak cocok di jual kepada konsumen. tapi kalau di peternak harga sudah turun,” sebut Subhan.

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Hewan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar, harga kambing tetap masih tinggi seperti menjelang lebaran Idul Adha.

“Para pedagang masih menunggu harga stabil, karena masyarakat masih enggan membeli kambing yang harganya masih tinggi,” ujar Subhan. (HAI/Mahdi Ismail).

Komentar
Sedang Loading...
Memuat