HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

DPRA Revisi Qanun Pembagian Hasil Minyak dan Gas Bumi

1

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dalam waktu dekat akan merevisi qanun pembagian hasil minyak dan gas bumi antara pemerintah Aceh dan kabupaten kota. Ke depan direncanakan 40 persen dana Otsus tersebut tidak lagi ditransfer ke Kabupaten dan kota di Aceh.

Hal itu disampaikan Ketua DPR Aceh Tengku Muharuddin kepada wartawan usai pertemuan tertutup dengan Kapolda baru di ruang kerjanya kantor DPRA, Banda Aceh, Senin (3/9).

“Dalam waktu dekat DPRA akan merampungkan Qanun pembagian hasil minyak dan gas bumi, ada wacana seperti itu, tapi masih dikaji. Apakah nanti akan kita tarik ke provinsi, artinya tidak lagi kita transfer ke kabupaten kota,” kata Tgk Muharuddin

Namun kata dia pembagiannya akan dilihat kabupaten mana saja yang perlu diberikan dana otsus. Tidak lagi diberikan seperti sebelumnya yaitu semua kabupaten kota mendapatkan porsi yang sama dengan menggunakan indeks luas wilayah, atau dilihat dari jumlah penduduk. Tapi ke depan akan dilihat dari urgensi kabupaten tersebut.

“Kedepan kita akan melihat dari urgensi daerah tersebut, dengan melihat kebutuhan atau potensi masing masing daerah, sehingga spot dana otsus dengan potensi yang ada di daerah dapat digunakan dengan baik,” ujarnya.

Menurut Tgk Muharuddin perubahan ini dilakukan karena ada kekawatiran dari DPRA Aceh bahwa porsi 40 persen dana Otsus yang ditransfer ke kabupaten kota itu ada sebagian kabupaten yang tidak menggunakan dana otsus sesuai dengan arahan qanun dan undang-undang.

“Ini juga yang sedang kita evaluasi, Qanun pembagian minyak dan gas bumi, akan kita revisi dan kita sesuaikan kembali,” tutup Muharuddin.[***]

loading...