HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ketua DPR Aceh: Personel BKO jangan Memberi Kesan Menyeramkan

5

Banda Aceh (harianaceh.co.id) — Ketua DPR Aceh Tengku Muharuddin mengatakan persoalan penambahan pasukan Brimob dari Mabes Polri sudah final. Informasi tersebut diperolehnya dari perbicangan dengan Kapolda Aceh Brigadir Jenderal Rio Septianda Djambak. Diperkirankan sebanyak 1.900 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) siap dikirimkan untuk pengaman Pilkada 2017 mendatang.

Untuk itu, Muhar menekankan agar personel tersebut benar-benar ramah dengan masyarakat. Jangan sampai personel yang datang terkesan menyeramkan sehingga menimbulkan kembali rasa trauma pada masyarakat Aceh.

“Kemasannya barangkali itu betul-betul disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di Aceh. Sehingga kedatangan tim BKO nanti betul-betul memberikan rasa aman dan tidak kemudian memberikan rasa trauma bagi masyarakat Aceh. Itu yang perlu,” kata Muharuddin di Banda Aceh, Senin (3/10/2016).

Kedatangan BKO ke Aceh, kata Muhar, juga jangan sampai menimbulkan kesan bahwa daerah ini tidak aman atau sedang konflik. Kapolda Aceh dan jajaranya perlu mencari formula atau kemasan khusus untuk pola pengaman pasukan tambahan tersebut. Situasi Aceh yang aman dan kondusif ini harus terjaga dengan baik.

“Ini juga mungkin perlu dipikirkan masalah kemasannya seperti apa? Sehingga personel yang dikirimkan ini betul-betul ramah dengan masyarakatnya. Tidak memberikan kesan yang menyeramkan sehingga akan menimbulkan rasa trauma bagi masyarakat Aceh,” katanya.

Selain itu, Muhar juga meminta seluruh kandidat calon kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada 2017 medatang untuk sama-sama menghargai proses demokrasi yang sedang berlangsung. Setiap kandidat harus menghindari perilaku negatif yang dapat merusak citra perdamaian Aceh.

“Seluruh kandidat untuk dapat memberikan arahan kepada konstituennya, tim pemenangannya, marilah kita saling menghargai agar proses demokrasi ini berjalan dengan baik di Aceh. Sehingga proses pelaksanaan Pilkada 2017 akan berjalan sempurna,” tutur Muharuddin selaku politisi Partai Aceh.(***)

loading...