HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Operasi Bibir Sumbing Gratis di Aceh

3

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Bibir sumbing bukanlah aib, kelainan tersebut bisa di operasi meskipun harus di operasi hingga beberapa kali. Setelah menjalani operasi, penderita dapat tersenyum bahagia.

Di Aceh, operasi bibir sumbing gratis dilakukan di Rumah Sakit Malahayati, Kota Banda Aceh. Operasi gratis tersebut dapat terlaksana setelah dibantu oleh salah satu lembaga Smile Train yang berasal dari Amerika Serikat.

Salah dokter Bedah Plastik Rekontruksi dan Estetik Aceh, Dr. M. Jailani SnPB-RE yang menangani operasi bibir plastik gratis tersebut pada 02 Oktober 2016 menyebutkan, sejak tahun 2009 hingga tahun 2016, setidaknya operasi bibir sumbing di Aceh yang telah berhasil dilakukan mencapai lebih dari 3.000 orang.

“Semua yang kita operasi itu tidak di pungut bayaran atau biaya, mereka hanya diminta mendaftar, biasanya operasi dilakukan seminggu sekali,” sebut Jailani.

Penderita bibir sumbing yang dioperasi juga tidak dibatasi harus masyarakat Aceh, beberapa penderita juga berasal dari luar Aceh seperti dari Sumatera Utara.

Setelah operasi selesai, sejumlah penderita sudah dapat tersenyum, mereka sudah tidak malu lagi bertemu dengan orang-orang. (HAI/Jun Ha).

loading...