HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kunjungan Paus Fransiskus ke Azerbaijan Mendorong Toleransi Antar Umat Beragama

14

Baku, (harianaceh.co.id) – Paus Fransiskus tiba di Azerbaijan dalam kunjungan selama satu hari penuh untuk mendorong toleransi antar umat beragama.

Azerbaijan, negara dengan mayoritas Muslim Syiah terbesar kedua setelah Iran, memiliki populasi kecil pemeluk Katolik yang berjumlah kurang dari 300 orang.

Ribuan warga Azerbaijan selain Muslim Syiah adalah Katolik, Yahudi Azeri, Zoroastrian dan minoritas lainnya.

Fransiskus dijadwalkan bertemu perwakilan semua agama dan Presiden Ilham Aliyev, sebelum bertolak ke Roma pada Minggu (2/10/2016) malam. Sebelum ke Azerbaijan, Fransiskus telah mengunjungi Georgia.

Seperti dikutip belfasttelegraph.co.uk, Fransiskus menggelar misa di Gereja Katolik yang dibangun setelah kunjungan Santo John Paul II ke Azerbaijan pada 2002. Setelah kunjungan itu, presiden Azerbaijan mendonasikan lahan di pinggiran Baku. Muslim Syiah dan Yahudi bersama-sama membangun gereja tersebut.

“Saya tidak dapat mengekspresikan kegembiraan saya,” kata tokoh keagamaan Katolik di Azerbaijan, Eva Agalarova, terkait kunjungan Fransiskus.

Media lokal Azerbaijan tidak terlalu memberitakan kedatangan Fransiskus, dan banyak warga yang tidak mengetahuinya sama sekali. Namun mayoritas Muslim Syiah di Baku menyambut hangat kedatangan Fransiskus.

“Islam adalah agama toleran dan menghormati semua agama,” tutur tokoh Muslim Syiah, Aygun Mikayilova. “Saya menyambut kedatangan Fransiskus jika dia membawa pesan damai dan toleransi,” sambung dia.

Aliyev, yang menjadi presiden Azerbaijan sejak 2003, telah berhasil menjalin hubungan baik dengan dunia Barat. Di bawah Aliyev, Azerbaijan telah mengamankan kepentingan sektor energi dan keamanannya, serta mengimbangi pengaruh Rusia di kawasan Kaspia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time