HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mendiang Johan Cruyff Penyelamat Karir Guardiola di Barcelona

6

HARIANACEH.co.id — Buku autobiografi mendiang Johan Cruyff akan dirilis 6 Oktober mendatang. Salah satu sorotan menarik dari buku tersebut adalah Cruyf bercerita tentang nasib Pep Guardiola yang pernah hampir dibuang Barca karena terlalu kurus.

Buku autobiografi ditulis Cruyff bersama David Walsh sebelum meninggal. Dalam buku itu, Cruyff menyelamatkan karir Guardiola saat Barcelona ingin menjualnya di awal kariernya sebagai pemain di Camp Nou.

“Barcelona ingin menyingkirkan Guardiola. Mereka menganggap Guardiola terlalu kurus, tidak bisa bertahan dan kurang bagus dalam permainan bola daerah,” tulis Cruyff seperti dikutip dari AS.

“Tidak ada orang yang bisa melihat kualitasnya. Guardiola punya otak sepak bola, kecepatan dalam melakukan eksekusi, teknik. Jika saya tidak ada di Barcelona, dia jelas akan dijual ke klub divisi dua,”

Guardiola meraih banyak sukses bersama pemain dan pelatih. Sebagai pemain (1990-2001) Guardiola meraih 16 gelar bersama Barcelona, sedangkan sebagai pelatih (2008-2012) pria berkepala pelontos itu mempersembahkan 14 trofi.

Legenda Barcelona, Johan Cruyff meninggal pada 24 Maret lalu karena penyakit kanker, menulis Guardiola adalah salah satu pemain asuhannya yang sejak awal sangat berambisi menjadi pelatih.

“Saya bilang ke Guardiola, ‘Kamu harus jadi bos. Orang yang membuat keputusan dan menanggung risiko’. Guardiola mengambil arah dan nasihat yang saya berikan,” tulis Cruyff.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time