HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Bulan Mars Segera Hancur?

5

HARIANACEH.co.id – Apakah Anda mengira benda antariksa besar seerti Bulan tidak akan hancur? Jika ya, maka perkiraan Anda salah.

Ilmuwan baru-baru ini merilis teori yang mengatakan bulan dari Mars, yaitu Phobos akan hancur. Hancurnya Phobos telah diprediksi melalui berbagai tanda fisik yang berada di permukaannya, yang disebabkan oleh gravitasi Mars.

Menurut Popular Science, ilmuwan memperkirakan Phobos akan hancur setidaknya dalam waktu 30 hingga 50 juta tahun yang akan datang. Tenggang waktu tersebut tergolong cepat jika dibandingkan dengan benda antariksa besar lain yang umurnya diperkirakan masih miliaran tahun.

Ilmuwan sebenarnya telah melihat tanda-tanda hancurnya Phobos melalui guratan dan patahan vertikal yang banyak ditemukan di permukaannya.

Guratan dan patahan tersebut awalnya diperkirakan berasal dari benturan dengan meteorit atau objek antariksa lain. Setelah diteliti, guratan dan patahan pada Phobos menunjukkan bulan dari Mars tersebut akan segera hancur dan ditarik oleh gravitasi Mars yang lebih kuat.

Ilmuwan baru-baru ini juga menemukan fakta baru menganai Phobos. Fakta tersebut mengatakan Phobos bukan merupakan objek besar yang keras dan padat seperti kelihatannya.

Phobos ternyata merupakan kumpulan dari batuan kecil yang mengelilingi Mars, kemudian ditutupi oleh debu kosmik. Hal tersebut membuatnya sangat tidak stabil dan mudah hancur.

Demi meneliti bulan Mars ini lebih jauh, ilmuwan dari Jepang akan meluncurkan wahana antariksa khusus untuk mengamati Phobos. Wahana antariksa tersebut rencananya meluncur tahun 2022.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time