HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Wisudakan 418 Sarjana

6

HARIANACEH.co.id, LANGSA – IAIN Zawiyah Cot Kala (ZCK) Langsa mewisuda sarjana pada tahun 2016 ini. Prosesi wisuda yang berlangsung pada Kamis (06/10) di Kampus IAIN ZCK Langsa tersebut adalah merupakan Wisuda ketiga selama Perguruan Tinggi ini berubah status menjadi IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, dan Wisuda XIX selama Perguruan Tinggi ini didirikan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Drs.H.Basri Ibrahim, MA menyebutkan  jumlah total yang diwisuda adalah 418 wisudawan di mana 37 di antaranya meraih predikat cumlaude. “Dengan bertambahnya 418 orang lulusan yang diwisuda hari ini, maka sejak didirikan sampai sekarang lembaga ini telah menghasilkan 7803 orang lulusan, yang telah berkiprah dalam masyarakat dan menjadi aset bangsa,” katanya.

Hadir dalam acara wisuda, Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama RI, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Pemerintahan, Walikota Langsa, Bupati Aceh Timur, Bupati Aceh Tamiang beserta unsur Muspida, Rektor Univesitas Negeri Samudera Langsa dan para Pimpinan Perguruan Tinggi di Aceh Timur dan Aceh Tamiang serta para undangan lainnya.

Rektor IAIN ZCK Langsa, Dr. H. Zulkarnaini, M.A. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa para sarjana yang telah diwisuda kali ini agar dapat mengaplikasikan ilmu di lapangan, “Para sarjana dituntut mempunyai kesadaran akan nilai-nilai pendidikan, Saat ini orang lebih banyak mementingkan sertifikat/ijazah dibandingkan nilai-nilai pendidikan,” tegasnya.

Rektor juga berpesan, agar para lulusan berpegang teguh kepada nilai-nilai moral/istiqamah. “Jadilah orang yang mampu menghargai orang lain walaupun tidak ingin mendapatkan penghargaan, berbuat baiklah dengan hati yang ikhlas,” kata Rektor.

Menurut Rektor, orang sukses mereka tidak lahir langsung sukses, tetapi meraka yang sukses adalah yang membangun prestasi dengan sungguh-sungguh, hasil perjuangan hidup yang pahit dan penuh tantangan.

“Dan jangan lupa, bahwa kalian adalah pewaris para nabi, orang yang punya ilmu pengetahuan, karena tidak akan pernah sama orang yang berilmu dan tidak berilmu,” pesan Rektor kepada seluruh wisudawan.

Hal senada disampaikan Gubernur Aceh yang diwakili staf ahli Gubernur, Dr. Iskandar A. Gani, S.H., M.Hum yang berpesan agar selalu membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, bersikap santun, jangan mengeluh dengan keadaan, membangun silaturahmi dengan almamater, dan sayangi orang tua.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Amsal Bakhtiar, MA, Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama RI dalam orasi ilmiahnya menekankan pada spirit of islam, diharapkan perkembangan ajaran islam akan semakin maju dan berkembang sehingga akan muncul tokoh-tokoh aceh intelektual dimasa akan datang.

Mantan Dekan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan agar seluruh civitas akademika dan alumni bersama-sama mewujudkan kampus yang berwibawa lewat kenyamanan dan keindahan. “Mempromosikan kampus lewat kebanggaan, misalnya gedung yang mewah, kolam yang cantik, sarana olahraga, alumni berkontribusi dan lain sebagainya,” ujarnya yang juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan Kota Langsa atas perhatiannya kepada IAIN Langsa ini.

Dalam kegiatan wisuda tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada para wisudawan terbaik masing-masing jurusan/progam studi pada Program Sarjana (S-1). Mereka yang terbaik yaitu Badriah, S.H. (Fakultas Syariah), M. Ikhsan Ritonga, S.Pd (Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Siti Rahmi, S.H (Syariah), Nurul Hidayati, S.Pd. (Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Yulia Syahraini, S.Pd. (Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Yulia Syahraini, S.Pd. (Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Wahyu Ziaulhaq, S.Sos. (Ushuluddin Adab dan Dakwah), Liana Agustina, S.Pd. (Tarbiyah dan Ilmu Keguruan). []

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time