HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Dia, Jurus Jitu Hadapi Dosen Killer

3

HARIANACEH.co.di – Selama masa perkuliahan, mahasiswa pasti menemui berbagai macam tipikal dosen. Sebagian dosen ada yang berwatak ramah dan cenderung memberikan nilai tinggi,  namun ada juga dosen dengan watak sebaliknya. Ketika menemui dosen dengan watak yang kurang menyenangkan, hal ini pastinya akan menjadi “cobaan” yang cukup berat bagi mahasiswa untuk menghadiri kelasnya. Bahkan, sakingkillernya seorang dosen, pasti ada juga beberapa mahasiswa yang justru selalu menghindari kelasnya. Nah, sebagai mahasiswa, kamu tidak perlu takut menghadapi dosen killer! Dibutuhkan beberapa tips trik jitu untuk menghadapi dosen nan killer. Inilah beberapa jurus jitu yang bisa kamu gunakan saat berhadapan dengan dosen killer di kelas.

  1. Cobalah sempatkan waktu untuk menyimak materinya, walaupun itu sulit

Nah, jurus yang pertama ini mungkin terlihat sangat sulit. Bahkan kesulitannya mungkin bisa melebihi soal ujian yang kamu hadapi. Tapi percayalah, dengan menyimak materinya, setidaknya kamu terlihat menghargai materi yang diberikan olehnya. Dengan menyimak juga, kamu bisa terhindar dari teguran-teguran yang tidak perlu, seperti teguran untuk tidak tidur, dan lain sebagainya.

  1. Bersikaplah aktif di dalam kelas

Jurus kedua ini juga tak kalah sulitnya dengan jurus pertama. Jangankan untuk bersikap aktif, menyimak materinya saja terkadang mahasiswa merasa enggan! Coba singkirkan pemikiran tersebut jauh-jauh, kemudian coba tanamkan sedikit rasa “peduli” di dalam mata kuliah yang ia ajarkan. Ketika kamu bersikap aktif di dalam kelas, maka dosen killer pun pasti akan merasa lebih dihargai dan lebih dihormati.

  1. Tetaplah bersikap sopan, sekiller apapun dosen tersebut

Adakalanya saat dosen killer tengah menuangkan kemarahannya dalam kelas, terutama jika kemarahan tersebut disebabkan oleh dirimu, jangan lantas menanggapinya dengan tindakan yang tidak sopan. Tetaplah bersikap sopan, dan cobalah untuk tidak mengambil hati perkataan-perkataannya yang menyakitkan itu. Saat dosen killer meluapkan kemarahannya, ada baiknya kamu mencerna kata-katanya dan maksud dibalik kemarahannya tersebut.

  1. Kenali lebih jauh karakter si dosen killer

Mengenali karakter dosen killer juga cukup penting, pasalnya kamu bisa mengetahui apa saja tingkah laku yang dibenci oleh dosen tersebut, dan apa saja yang membuatnya senang. Kamu bisa mencari tahu karakteristik dosen tersebut dengan menanyakannya kepada senior alias kakak kelas.

  1. Jangan ragu untuk berdiskusi dengannya

Ketika ada materi yang tidak kamu mengerti, jangan pernah ragu untuk tetap bertanya dengannya. Sekalipun dosen tersebut killer, bukan berarti hal tersebut lantas membuatnya tidak mau menjawab pertanyaanmu atau diajak berdiskusi denganmu. Mungkin untuk jurus ini, dibutuhkan mental dan keberanian yang cukup tinggi. Namun, hal yang perlu diingat ialah tetaplah bersikap wajar dan sopan dihadapannya, terlebih pada saat mengajaknya untuk berdiskusi. Dengan bersikap sopan dan wajar, maka ia sama sekali tidak punya alasan untuk bersikap tidak sopan kepadamu.

  1. Rajin-rajinlah menghadiri kelasnya

Meskipun kamu sebenarnya begitu malas dan tidak mengerti materi kuliah yang ia sampaikan, setidaknya hadirilah kelasnya. Menghadiri kelasnya setidaknya akan menjadi sebuah bukti bahwa kamu masih peduli terhadap mata kuliah yang ia ajarkan.

Rasa takut dan khawatir wajar dirasakan oleh mahasiswa ketika menghadapi dosen killer. Namun, ingatlah bahwa kita perlu mengendalikan perasaan tersebut, agar kita tetap bisa mengikuti kelasnya dengan baik dan tetap bisa mengukir prestasi.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time