HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dinkes Aceh Timur Laksanakan Pencegahan Penderita Kaki Gajah

4

HARIANACEH.co.id, Aceh Timur — Dalam rangka mencegah dan memutuskan rantai penularan penyakit Kaki Gajah (Filariasis)  di Kabupaten Aceh Timur, Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Timur melaksanakan kegiatan pemberian obat pencegahan massal (POPM) filariasis untuk seluruh masyarakat Aceh Timur. dilakukan pada  Jum’at  7 oktober 2016 di Desa Lhok Asahan Kecamatan Idi Timur yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Lhok Asahan Kecamatan Idi Timur.

Ketua Panitia Pelaksanaan POPM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan dan memutuskan rantai penularan penyakit Kaki Gajah (Filariasis)  di Kabupaten Aceh Timur.

Dr. H. Zulfikry, Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Aceh Timur  yang di hubungi HARIANACEH.co.id mengatakan, “Untuk Kabupaten Aceh Timur kegiatan tersebut akan dimulai secara serentak pada hari senin tanggal 10 oktober 2016”.

pencegahan-masa-kaki-gajah
Masyarakat mengantri untuk pemeriksaan dan pembagian obat pencegahan kaki Gajah, Foto: IST

Untuk kabupaten Aceh Timur, yang menjadi sasaran minum obat adalah 344.773 jiwa yang berusia 2 – 75 tahun. Harapannya seluruh masyarakat Aceh Timur yang menjadi sasaran agar minum obat sebagaimana dimaksud sekali dalam setahun selama 5 tahun sampai dengan tahun 2020.

“Semoga setelah tahun 2020 tidak ada lagi maayarakat aceh timur yang menderita penyakit kaki gajah atau filariasis”, papar beliau.

Dalam acara pencanangan  Hadir dalam kesempatan tersebut camat Idi Timur Mukhtaruddin, Kapolsek Idi Rayeuk AKP Didik, Kabid PMK Dinkes Aceh Timur dr. Zulfikry, Kepala Puskesmas Idi Timur Husni, SKM, Geushik se Kecamatan Idi Timur dan perangkat Desa lainnya.

loading...