HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ketua DPRA : Raqan Pilkada Aceh Alami Perubahan Lebih 50 Persen

1

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk Muharuddin menjelaskan, Rancangan Qanun (Raqan) Pilkada sudah mulai dibahas. Raqan ini mengalami perubahan di atas 50 persen.

“Perubahan Qanun Nomor 5/2012 dalam proses pembahasan bersama mengalami perubahan di atas 50 persen,” kata Tgk Muharuddin, Rabu (05/10/2016) di gedung DPRA.

“Raqan ini telah diharmonisasikan serta disinkronisasikan secara komprehensif dan sistematis dengan tim Pemerintah Aceh,” lanjutnya.

Ia menyatakan, tujuan dibentuknya qanun tersebut untuk mengkombinasikan perkembangan normatif hukum dan realitas sosiologis empiris masyarakat.

Dikatakannya, dengan adanya perubahan itu, maka dibuat qanun baru dengan nama baru yaitu Rancangan Qanun tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Hal ini mengacu kepada aturan yang ada pada UU Nomor 12 tahun 2011,”pungkasnya.

Menurut dia, perubahan qanun yang mengatur persolan Pilkada perlu dipercepat karena tahapan Pilkada sudah memasuki beberapa tahapan.

Setelah Raqan ini ditetapkan maka menjadi qanun dan dilembar Acehkan, kata Muhar, maka aturan pelaksanaan Pilkada serentak 2017 di Aceh mengacu pada qanun yang dimaksud.[***]

loading...