HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sting Ciptakan Lagu “Insya Allah” untuk Para Pengungsi Suriah

3

HARIANACEH.co.id, Newyork – Pemusik Inggris Sting (65) siap meluncurkan album terbarunya pada November 2016. Salah satu lagu dalam album ini dibuatnya khusus bagi para pengungsi Suriah.

Terinspirasi selembar kertas putih dan perempatan jalan di New York, AS, yang kerap dilaluinya dalam perjalanan sehari-hari menuju ke studio rekaman, Sting akan meluncurkan album solonya yang berjudul 57th and 9th.

Album ke-12 ini tidak saja akan menandai mantan vokalis utama The Police ini kembali ke musik pop-klasik, tetapi juga keprihatinannya terhadap krisis kemanusiaan di dunia, terutama di Suriah.

Pemusik yang terlahir dengan nama Gordon Matthew Thomas Sumner ini bahkan secara khusus membuat sebuah lagu bagi para pengungsi Suriah.

Dalam lagu yang diberinya judul “Insya Allah”, yang berarti “atas kehendak Allah”, Sting menggambarkan dirinya berdesak-desakan dengan para pengungsi dalam sebuah kapal reyot, meninggalkan perang saudara di negara asal, dan menyeberangi laut menuju ke tempat yang lebih aman.

Pada situsnya, www.sting.com, Sting mengatakan betapa indahnya makna kata “Insya Allah”, yang berasal dari bahasa Arab dan berarti kepasrahan pada kehendak Allah semata.

“Kata-kata ini menggambarkan harapan dan sekaligus keberanian,” ujar Sting.

“Saya tidak tahu apa solusi politik yang tepat untuk menyelesaikan krisis pengungsi yang tahun lalu saja sudah membuat lebih dari satu juta pengungsi dan pencari suaka lari ke Eropa,” ujarnya lagi.

“Tapi, saya rasa akar solusinya adalah rasa empati. Tidak saja berempati terhadap korban perang di Suriah, misalnya, tetapi juga korban kelaparan di Afrika dan mungkin korban pemanasan global pada masa depan,” imbuhnya.

Album 57th and 9th akan menghadirkan 10 lagu, antara lain “I Can’t Stop Thinking About You”, “One Fine Day”, “The Pretty Young Soldier”, “If You Can’t Love Me”, dan “Insya Allah”.

Setelah menjual lebih dari 100 juta copy album, Sting, pada situsnya, mengatakan bahwa ia tidak lagi perlu khawatir tentang sisi komersial album tersebut.

“Menurut saya yang terpenting dalam musik adalah unsur kejutan,” ujar Sting.

Meski baru akan dirilis pada 11 November 2016, album 57th and 9th sudah bisa mulai dipesan sejak sekarang. (em)

loading...