HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Beberapa Cara Hidarkan Malware di Perangkat Android

5

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Mengunduh dan memasang sebuah aplikasi rupanya jadi salah satu cara malware masuk ke ponsel Android kita.

Nah, karena malware menumpang di sebuah aplikasi, pengguna pasti jadi makin kesulitan untuk menentukan apakah aplikasi yang diunduh bebas dari malware atau tidak.

Mengingat pengguna Android sering mengunduh aplikasi melalui Google Play Store maupun dari pihak ketiga, maka jadi keharusan supaya mereka tahu cara untuk menghindari malware.

Mengutip Tech Times, Sabtu (8/10/2016), berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari malware pada perangkat Android.

1. Unduh Aplikasi dari Laman Tepercaya
Cara mudah yang pertama adalah mengunduh sebuah aplikasi yang aman melalui Google Play Store. Dari berbagai aplikasi di Google Play Store pun disarankan untuk memilih aplikasi yang benar-benar aman.

Cara atasi Google Play Store bermasalah. (Istimewa)
Cara atasi Google Play Store bermasalah. (Istimewa)

Salah satunya dengan mengecek atau membaca review aplikasi tersebut sebelum mengunduhnya. Sebab, mereka yang terkena malware karena mengunduh aplikasi, biasanya tak melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap aplikasi tersebut–asal mengunduh saja. Padahal bisa jadi pengguna lain sudah menuliskannya pada kolom komentar.

2. Pastikan untuk Selalu Menggunakan OS Terbaru
Langkah kedua adalah selalu memastikan bahwa kamu menggunakan sistem operasi versi terbaru yang tersedia pada perangkat Android.

Pemberitahuan update Android Marshmallow untuk Samsung Galaxy J5 (Sumber: SamMobile).
Pemberitahuan update Android Marshmallow untuk Samsung Galaxy J5 (Sumber: SamMobile).

Biasanya, Google dan smartphone selalu memberikan notifikasi, jika ada update software. Nah, update software ini umumnya disertai dengan perbaikan bug untuk menjaga perangkat lebih aman.

3. Aktifkan VPN saat Memakai Wi-Fi Publik
Siapa yang tak mau menggunakan jaringan internet gratis? Pasti tak ada yang menolak menggunakan Wi-Fi publik bukan?

Meski begitu, perusahaan keamanan Trend Micro menyarankan pengguna untuk selalu mengaktifkan VPN saat memakai jaringan Wi-Fi publik. Tujuannya adalah untuk melindungi data ketika perangkat sedang menerima dan mengirimkan data melalui enkripsi.

Opera VPN untuk Android
Opera VPN untuk Android

4. Gunakan Antivirus Tepercaya
Menggunakan aplikasi antivirus tepercaya merupakan salah satu cara memastikan bahwa perangkat Android kamu tetap aman. Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai nama antivirus tepercaya, mulai dari Avast, McAfee, Kaspersky, dan lain-lain.

NSA dan GCHQ memata-matai Kapersky Lab adalah untuk mengawasi peredaran malware canggih.
NSA dan GCHQ memata-matai Kapersky Lab adalah untuk mengawasi peredaran malware canggih.

Kemudian, kamu juga bisa memilih yang paling mudah dan cocok untuk digunakan. Sebagai informasi, beberapa perusahaan juga menghadirkan paket lengkap untuk perangkat mobile hingga komputer dengan biaya langganan per tahun.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time