HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wagub: Off Road Ajang Perkenalkan Pembalap Aceh dan Promosi Wisata Gayo

7

HARIANACEH.co.id, BENER MERIAH – Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf, menyebutkan kompetisi olahraga off road menjadi ajang memperkenalkan pebalap handal Aceh yang mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

Bukan hanya itu, wagub menambahkan, gelaran olahraga off road sekaligus bisa mempromosikan wisata Bener Meriah dan Gayo pada umumnya sehingga banyak mendatangkan wisatawan ke daerah yang terkenal dengan bentang alam yang indah, kesejukan udara dan keistimewaan budayanya.

“Sudah saatnya kita membangun prestasi dengan meningkatkan kepedulian pada olahraga (off road),” ujar Muzakir Manaf, saat membuka kompetisi Aceh Extreme 4×4 Off Road Zona Tengah tahun 2016 di Sirkuit Buatan Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (08/10).

“Kompetisi ini akan mendatangkan banyak wisatawan ke daerah yang menjadi pusat produksi kopi arabika ini,” lanjut Muzakir Manaf yang juga Ketua dewan pembina IOM Aceh ini.

Banyak hal positif dari penyelenggaraan olahraga off road yang digelar selama 2 hari itu. Salah satunya adalah sebagai ajang untuk mencari bakat-bakat off roader Aceh, yang siap untuk tampil mengharumkan nama Aceh di berbagai kancah kejuaraan off road, baik itu pada tingkat regional, nasional, maupun ternasional.

Wagub menyebutkan off road penting dalam rangka memupuk mental positif, yang didapat ketika berdisiplin dalam lintasan, dan cekatan di tanjakan. “Mental positif para pebalap merupakan modal besar bagi kemapanan seseorang dalam membentuk dirinya,” ujar Muzakir Manaf.

Muzakir Manaf pad kesempatan tersebut juga memberikan santunan kepada anak yatim. Wagub menyebutkan, gelaran olahraga bukan hanya bisa bermanfaat bagi pelaku olahraga saja, tapi juga kepada masyarakat sekitar dan juga bisa menyejahterakan para anak yatim.

Sementara itu, Muharuddin, Ketua DPR Aceh, menyebutkan gelaran olahraga yang digelar di Aceh menandakan bahwa kondisi Aceh sudah kondusif dan aman. Karena itu, sudah saatnya Aceh mengukir prestasi khususnya pada olahraga balapan off road. “Kita harus buktikan bahwa kita bisa bersaing dengan provinsi lain,” ujar Muharuddin.

Apalagi, pada gelaran off road seri tengah ini, banyak offroader luar Aceh seperti dari Jambi, Sumut, Sumbar dan beberapa provinsi lainnya yang terlibat. Hal itu bisa dijadikan ajang silaturahmi dan menambah pengalaman bagi pebalap Aceh. “Jalin komunikasi yang baik dan buktikan bahwa off roader Aceh bisa seperti off roader lain,” ujar Muharuddin.

Sementara Bambang Wijaya Kusuma, Ketua Panitia meminta, agar sirkuit buatan Bener Meriah bisa dijadikan sebagai arena permanen yang bisa dipakai untuk para off roader berlatih dan bertanding dalam gelaran olahraga balap darat itu. (Release)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time