HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Badan Antariksa India Satelit NIUSAT Penanganan Bencana Alam

Ilustrasi (Google)
20

HARIANACEH.co.id — Badan Antariksa India (ISRO) terima Nano Satelit NIUSAT yang diserahkan Universitas Islam Noorul. Satelit NIUSAT ini memiliki kemampuan untuk memetakan polusi dan pola tanaman di dunia.

Satelit NIUSAT merupakan karya 145 siswa yang telah bekerja bertahun-tahun lamanya dalam proyek pembuatan nano satelite Sebagian besar siswa-siswa berasal dari jurusan teknik penerbangan dan kedirgantaraan.

“Universitas ingin fokus pada program yang dapat membantu manajemen bencana di daerah, seperti di Kanyakumari dan Nagapattinam yang pernah hancur oleh tsunami,” kata Direktur Program A.E. Muthunayagam, dikutip dari laman Deccan Chronicle, minggu (9/10).

Satelit NIUSAT menerapkan tekhnologi Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV), yang akan berguna membantu program penanganan bencana alam. Satelit berukuran nano ini direncanakan akan diluncurkan ke ruang angkasa pada bulan depan.

Satelit NIUSAT untuk operasinya telah dilengkapi dengan kamera multi-spectral. Resolusinya sampai 30 MP dan memiliki wilayah cakupan seluas 60 Km persegi. Setelah panel surya pada satelit dibuka, satelit bisa memantau pohon-pohon yang terkena penyakit dan kekurangan air. Namun, program peluncuran satelit ini ingin difokuskan untuk membantu program manajemen bencana alam.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat