HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

4 Tips Yang Perlu Anda Ketahui Jika Momotret di Alam Liar

8

HARIANACEH.co.id – Bagi pecinta fotografi, mengabadikan potret binatang liar dihutan dengan kamera sendiri rasanya akan menjadi sebuah kebanggaan. Apalagi dengan hasil foto yang bagus, pasti akan menjadi suatu kehormatan bagi mereka yang berhasil mengabadikannya.

Pasalnya mengambil foto binatang liar di hutan tentu tidak semudah mengabadikan potret orang atau gedung berasitektur indah. Perlu kiat khusus sehingga hasil foto bisa maksimal.

Berikut beberapa petunjuk agar dapat mengabadikan binatang liar di hutan;

1. Terus waspada
Ketika berada di hutan, anda akan menemukan banyak binatang di sana. Kejadian yang menarik di hutan hujan tropis bisa terjadi kapan saja tanpa direncanakan. Jika tidak ingin melewatkan momen, gunakan indra anda, perhatikan keadaan sekitar, dengarkan suara yang dibuat oleh binatang.

Tidak selamanya anda harus menunggu hewan besar untuk membuat foto yang menarik. Jika anda jeli, bisa menemukan binatang kecil atau bunga dengan pola unik untuk diabadikan ke dalam sebuah foto yang indah.

2. Siapkan perangkat yang sesuai
Sebaiknya anda memilih kamera dengan sensor lebih kecil. Menurut What Digital Camera, ada beberapa hal yang harus anda perhitungkan, misalnya frame rate. Jika anda ingin mengambil foto dari binatang yang bergerak dengan cepat, maka semakin banyak foto yang diambil dalam satu detik akan semakin baik.

Hal lain yang harus anda perhitungkan adalah suara shutter. Sebaiknya, pilih kamera dengan suara shutter yang tidak berisik atau bahkan tidak mengeluarkan suara agar hewan tidak lari menjauh. Kemudian tripod dan lensa telephoto juga menjadi perangkat wajib ikut dengan anda, karena akan membuat kamera lebih stabil dan anda bisa mengambil foto tanpa harus mendekat dengan binatang yang mungkin saja dapat membahayakan jiwa anda.

3. Antisipasi hujan
Jika anda berada dalam hutan hujan tropis dalam waktu yang agak lama, risiko kehujanan sangat mungkin terjadi. Untuk itu pastikan perangkat anda dilengkapi pelindung anti-air.

Cuaca hujan atau mendung bukan berarti anda harus berhenti mengambil foto. Faktanya, cuaca mendung akan membuat pencahayaan di sekitar anda lebih seimbang. Saat cerah, cahaya matahari akan menyinari bagian dalam hutan secara tidak merata dan akan menciptakan bayangan.

4. Bersabar
Berbeda dengan manusia, binatang -khususnya yang masih berada di alam liar tidak bisa dipaksa untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan anda. Oleh karena itu, kunci utama untuk mengambil foto binatang liar adalah bersabar.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time