HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

DPR Aceh Setujui Tanah Milik Pemerintah Aceh kepada BPK

4

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – DPR Aceh menyetujui pelepasan hak sebidang tanah milik Pemerintah Aceh kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Aceh.

Persetujuan itu diputusakan dalam Rapat Paripurna Khusus yang digelar di ruang gedung DPR setempat, Senin (10/10/2016). Sidang itu dipimpin langsung oleh Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin.

Dalam sidang itu juga hadir Wakil Ketua DPR Aceh, T Irwan Djohan dan sejumlah anggota DPRA lainnya. Hadir juga perwakilan dari Forkopimda dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh yang membacakan keputusuan tersebut mengatakan, tanah milik Pemerintah Aceh yang disetujui peralihannya kepada BPK perwakilan Aceh, adalah tanah bekas rumah dinas Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kehutanan Aceh.

Tanah itu terletak di Jalan Sudirman, Geuceu Kayee Jathoh, Banda Aceh dengan nilai tanah seharga 1,279 milar plus harga bangunan di atasnya Rp 16 juta.

Ia menyatakan, persetujuan ini diputuskan dalam sidang paripurna khusus setelah adanya permintaan pelesan hak dari Pemerintah Aceh.

Sesuai aturan setiap tanah milik pemerintah atau negara yang kemudian dihibahkan kepada pihak lain harus ada persetujuan dewan. Hal berdasarkan Pasal 55 ayat (2) a tentang pengelolaan barang milik negara/daerah.

“Disebutkan dalam Pasal 54 untuk tanah dan/atau bangunan milik negara dilakukan setelah mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemindahan yang dimaksudkan dalam Pasal 54 tersebut diantaranya adalah hibah,”kata Abdullah Saleh.[***]

loading...