HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ingin Tetap Fokus Dalam Mencapai Tujuan Anda, Inilah Caranya

2

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Banyak orang yang memiliki tujuan hidup tertentu namun selalu mendapat gangguan dan akhirnya menunda semua rencana itu. Faktor di dalam diri maupun dari luar dapat membuat Anda menunda atau bahkan membatalkan rencana Anda dalam hidup, itu semua terjadi karena Anda kurang fokus terhadap rencana tersebut dan membiarkan segala gangguan menggagalkan rencana Anda.

Atau mungkin masalah berasal dari otak Anda? Mungkin Anda malas. Penelitian menunjukkan bahwa di waktu luang kita sering tidak melakukan apa yang kita sebenarnya harus kita nikmati. Otak Anda tidak ingin membuang-buang energi, itu menjadikan Anda malas. Masalahnya, dunia tidak malas, hari-hari terus berjalan saat Anda sedang bermalas-malasan.

Semuanya seakan menuntut perhatian kita. Anda ingin membuat rencana dan menindaklanjuti atau mencapai tujuan tanpa gangguan tetapi sekitar Anda tampaknya kompak untuk menahan itu semua.

Namun itu semua dapat Anda hindari dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda. Dilansir dari Time, pada Senin (10/10/2016) inilah 4 rahasia untuk menghalau segala gangguan dan tetap fokus untuk mencapai tujuan.

1. Kontrol sesuatu yang bisa menganggu Anda.

Kebanyakan orang selalu meremehkan hal-hal kecil yang di mana sebenarnya itu dapat mengganggu mereka nantinya. Atau bahkan mereka tidak menyadari bahwa itu sebenarnya adalah sesuatu yang dapat menghalangi mereka untuk dapat menjalankan rencana dan menggapai tujuannya.

Anda dapat menjauhkan hal-hal itu sementara dan fokus terhadap rencana yang telah Anda buat sebelumnya. Misalnya, Anda telah membuat rencana untuk lembur bekerja agar pekerjaan esok hari tidak menumpuk, namun Anda tahu hari ini mungkin teman-teman Anda akan mengajak Anda keluar. Pastikan Anda telah mengatur bagaimana cara untuk menolak ajakan teman Anda dan bisa menjauh dari teman Anda sementara. Ingat hanya sementara.

2. Tetap tenang.

Sesuatu yang menyenangkan seakan mengatakan “Ayo bermain dengan saya!” Atau sesuatu yang menakutkan ada di depan Anda dan dia menginginkan Anda untuk lari dan menunda segala rencana yang telah Anda buat.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil jeda sejenak, tenangkan diri. Lalu mempertimbangkan dengan hati-hati apa yang sudah Anda rencanakan, sambil mengingat tujuan Anda untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

3. Pikirkan tentang tujuan Anda.

Pastikan hal yang paling penting merupakan prioritas Anda, jangan sampai Anda salah prioritas. Berpikir tentang tujuan jangka panjang Anda ketika Anda tergoda oleh gangguan yang datang memberikan otak Anda keinginan untuk mengontrol dan dapat melepaskan dopamie yang akan membuat Anda merasa lebih baik serta lebih termotivasi untuk menggapai tujuan Anda.

Dengan berpikir, “Oke, apa tujuan jangka panjang saya? Apa yang akan saya capai?” memanggil bahwa pikiran benar-benar dapat membuat tujuan menjadi berharga untuk melakukan sesuatu untuk menuju tujuan Anda, bukannya pergi ke pesta dan menunda-nunda rencana yang telah Anda buat.

4. Membuat keputusan.

Menolak gangguan yang menyenangkan itu sulit, menahan dorongan untuk menunda-nunda juga sulit. Jadi Anda harus dengan sengaja untuk tidak menyerah. Neurosciencemenunjukkan berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk membuat keputusan benar-benar membantu menghentikan Anda dari melakukan perilaku buruk yang akan menghambat rencana Anda.

Membuat keputusan juga membantu Anda untuk mengatasi aktivitas striatum, yang biasanya menarik Anda ke arah impuls negatif dan rutinitas.

(Achmad Rully P)

loading...