HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Foto Datu Beru Salah Cetak, Hebohkan Masyarakat Aceh

Masyarakat Aceh dibuat heboh dengan kemunculan foto Datu Beru dalam cover buku yang dibagikan oleh salah satu sekolah. (Foto: lintasgayo.co)
24

HARIANACEH.co.id, Jakarta — Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya siapa sih Datu Beru? Bagi masyarakat Aceh, Datu Beru adalah salah satu tokoh penting. Dilansir dari Lintasgayo.com, dijelaskan bahwa Datu Beru bergelar Qurrata ‘Aini, sosok perempuan tangguh dari Gayo.

Datu Beru pernah menjabat sebagai anggota parlemen di kerajaan Aceh sebagai perwakilan dari kerajaan Linge. Dalam tulisan Yusra Habib Abdul Gani disebutkan bahwa Datu Beru merupakan salah satu wanita Aceh yang disegani dan layak menduduki kursi parlemen pusat pada masa pemerintahan Sultan Ali Munghayatsyah.

Makam Datu Beru. (Foto: lintasgayo.co)
Makam Datu Beru. (Foto: lintasgayo.co)

Lalu bagaimana ceritanya foto Datu Beru bisa menghebohkan masyarakat Aceh. Kehebohan tersebut berawal ketika salah satu sekolah yang ada di Takengon, Ibu Kota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia memberikan sebuah buku tulis gratis untuk siswinya.

Dalam cover buku tersebut terlihat ada tiga foto tokoh penting, salah satunya adalah foto Datu Beru. Namun foto Datu Beru memang terlihat sangat jauh berbeda. Datu Beru yang ada dalam foto adalah wanita modern masa kini. Dan benar saja, foto itu memang bukanlah foto Datu Beru yang bergelar Qurrata ‘Aini.

Foto yang dipajang jadi cover buku tersebut adalah foto seorang remaja yang tinggal di Jakarta yang memang bernama Datu Beru. “Ia, aku kaget aja, pas liat di Google ternyata ada foto aku. Sangat disayangkan si, kenapa bisa salah ambil,” ujar Datu Beru kepada Bintang.com, Rabu (12/10).

“Aku juga sedih si karena seharusnya pahlawan itu dihormati. Bagi masyarakat Aceh, Datu Beru tentu saja tokoh penting, makanya sampai ada rumah sakit yang menggunakan nama Datu Beru. Tapi, kenapa ini mereka malah main ambil gambar seenaknya,” tambah Datu Beru.

Datu berharap kejadian seperti ini tidak terulang untuk kedua kalinya. “Aku tenang aja si. Tapi, jangan sampai ada lagi yang kayak gini. Coba di check dulu kalau mau menaruh gambar seseorang. Itu (foto) aku kan ada di media sosial,” pungkas Datu Beru.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat