HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

7 Makanan Ini Memicu Anda untuk Tidur

Pisang merupakan salah satu makanan pemicu tidur. (www.penabiru.com)
13

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Mungkin karena kesibukan Anda yang segunung Anda jadi lupa akan pentingnya tidur. Tidur pun jadi sekenanya saja. Atau jangan-jangan Anda malah beranggapan bahwa tidur hanyalah ritual zaman purba yang tidak kekinian?

Jadi jangan anggap remeh urusan tidur karena menurut dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., dokter spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, “Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh guna mengembalikan stamina, baik fisik maupun psikis.”

Anda memang harus dalam kondisi rileks sebelum tidur. Pikiran tenang, suasana hati tenang, dan didukung lingkungan (kamar) tidur yang nyaman. Tapi bagaimana jika semua faktor pendukung tersebut tidak bisa Anda dapatkan?

Tenang, Anda hanya perlu pergi ke dapur dan menikmati satu (atau dua) dari daftar makanan di bawah ini. Makanan-makanan yang dirangkum oleh Rumah.com ini bisa merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan hormon yang bikin tidur Anda jadi lebih pulas.

1. Pisang

Pisang seperti obat tidur alami. Secara keseluruhan, pisang mengandung kalori, serat, mineral, dan vitamin seperti vitamin A, B1, B6, C, kalium,magnesium, dan zat besi.

Tidur malam dengan perut kekenyangan memang tidak dianjurkan, tetapi konsumsi pisang sebagai pengisi perut di malam hari – apalagi bagi Anda yang sedang diet – bisa dimanfaatkan sebagai penambah kalori dan memberi rasa kenyang karena kandungan seratnya.

Kandungan vitamin B pada pisang juga dibutuhkan untuk pembentukan serotonin. Serotonin-lah yang memberikan relaksasi pada syaraf Anda. Demikian juga adanya magnesium yang dipercaya dapat mengendorkan otot-otot yang tegang.

2. Susu hangat

Bukan, ini bukan mitos, segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur Anda. Selain mengandung protein, susu juga mengandung vitamin dan mineral, seperti kalsium, fosfat, dan magnesium.

Protein yang terdapat pada susu antara lain adalah tryptophan yang merupakan prekursor pembentukan serotonin. Serotonin merupakan neurotransmiter syaraf ke otak, mengurangi rasa sakit dan dipercaya menimbulkan rasa kantuk, relaksasi serta mengatur kestabilan emosi.

Di dalam susu juga terdapat suatu zat yang disebut alfa laktalbumin yang dapat meningkatkan tryptophan yang dapat meningkatkan serotonin. Di dalam tubuh, serotonin akan dibentuk menjadi melatonin yang menimbulkan efek mengantuk dan rileks.

Kandungan vitamin dalam susu adalah vitamin A,B,C,D,E. Vitamin B –terutama vitamin B6– membantu pembentukan serotonin tersebut. Sedangkan mineral yang terdapat di dalam susu adalah kalsium, fosfat, dan magnesium yang menyebabkan otot tubuh lebih rileks.

3. Madu

Tambahkan sedikit madu pada susu atau teh Anda. Kandungan gulanya dapat meningkatkan energi, tapi dalam jumlah yang sedikit. Gula yang terkandung pada madu juga dapat memberitahu otak Anda untuk menurunkan kinerja orexin, neurotransmiter yang berhubungan dengan kesadaran Anda.

Madu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk kalsium dan magnesium, keduanya mampu memberi efek rileksasi.

4. Oatmeal

Konsumsi oatmeal sebelum tidur karena oatmeal merangsang produksi melatonin di dalam tubuh pada malam hari. Oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat yang mengandung serat cukup banyak disamping kandungan vitamin dan mineralnya.

5. Kacang Almond

Kacang almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung dan juga dapat membantu tidur Anda karena mengandung tryptophan dan magnesium.

Kacang ini merupakan sumber protein nabati dengan lemak tidak jenuh. Selain itu almond juga mengandung tryptophan yang dengan bantuan vitamin B6 diubah menjadi serotonin. Disamping itu kandungan magnesium pada almond juga dapat merelaksasi otot Anda.

6. Roti Gandum

Sekerat roti gandum dan teh akan merangsang insulin dalam tubuh Anda. Gunanya untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak di mana tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang memberi tahu otak Anda untuk tidur.

Tapi perhitungkan juga takaran konsumsinya karena gandum merupakan sumber karbohidrat.

7. Teh Chamomile

Teh ini punya efek penenang yang dapat menurunkan stres fisik maupun mental Anda. Teh ini merupakan minuman yang cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Jadi, jangan panik jika Anda susah tidur. Pergi saja ke dapur dan nikmati makanan yang bisa bikin tidur Anda pulas seperti bayi.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat