HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Institusi di 6 Negara Asia Pasifik Mengadopsi Standar Kartu Chip UnionPay

foto: Unionpay
18

HARIANACEH.co.id, Beijing – UnionPay mengumumkan kerjasama lisensi teknologi kartu chip mereka dengan tujuh anggota Asian Payment Network (APN), Kamis (13/10/2016). Hal ini menandakan gebrakan baru dalam standar teknologi keuangan Cina yang sedang (menerapkan strategi) “Going Global”. Jaringan switch utama di Singapura, Thailand , Korea Selatan, Malaysia , Indonesia dan Filipina akan mengadopsi standar kartu chip UnionPay dalam penerbitan dan penerimaan kartu.

Fan Yifei , Wakil Presiden dari People’s Bank of China ; Ge Huayong, Ketua dari China UnionPay; dan Shi Wenchao, Presiden dari China UnionPay menghadiri upacara penandatanganan itu. Cai Jianbo, CEO dari UnionPay Internasional dan para perwakilan mitra menandatangani perjanjian tersebut.

Kartu UnionPay telah diterima di 160 negara dan daerah, dan diterbitkan di 40 negara dan daerah. Selain mempromosikan bisnis lintas perbatasan, UnionPay juga menunjukkan permainan penuh dari pelbagai manfaatnya di jaringan, produk teknologi dan standar untuk berperan serta dalam pembangunan infrastruktur keuangan di pasar luar daratan Cina.

Fan Yifei menjelaskan, “Industri pembayaran Cina sedang berkembang pesat dan memainkan peranan yang meningkat secara signifikan dalam mempromosikan e-commerce, menambah inklusi keuangan, memenuhi permintaan konsumen dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Adopsi standar kartu chip UnionPay oleh para anggota APN menunjukkan bahwa teknologi dan layanan Union Pay telah diakui oleh pasar internasional.” Beliau menyambut saran-saran dan advis para counterpart , dan berkenan untuk berbagi  kesempatan dengan lebih banyak partner.

Ge Huayong mengatakan, “UnionPay telah berperan serta dalam pembangunan infrastruktur keuangan di banyak Negara Asia sejak tahun 2014. Kerjasama dengan APN ini akan membantu mewujudkan interkoneksi jaringan-jaringan pembayaran di kawasan Asia Pasifik dan terfasilitasinya pertukaran keuangan antar negara dan daerah ini.”

Terdiri dari 13 jaringan switch di 11 negara Asia Pasifik, APN bertujuan untuk mewujudkan interkoneksi antar berbagai jaringan pembayaran di wilayah tersebut. Pada tahun 2005, APN menunjuk UnionPay sebagai penyedia tunggal untuk standar kartu chip lintas perbatasan mereka melalui lelang terbuka. Saat ini, para anggotanya akan mengadopsi standar kartu chip APN untuk semua kartu merk APN yang mereka terbitkan.

Penandatanganan perjanjian ini berdampak signifikan: Pertama, ini berarti kerjasama antara UnionPay dan industri pembayaran di luar daratan Cina telah naik kelas, dari kerjasama bisnis ke kemitraan yang komprehensif dalam produk dan standar. Kedua, perjanjian ini membantu meningkatkan industri pembayaran dalam pasar, dan memuluskan jalan bagi peluncuran produk pembayaran inovatif UnionPay. Ketiga, meningkatnya daya saing industri pembayaran Cina.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat