HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Mencuci Sepatu

Ilustrasi (beyondclean.org)
36

HARIANACEH.co.id – Di musim hujan seperti sekarang rasanya susah jika harus mempertahankan sepatu olahraga atau sneakers Anda agar tetap bersih.

Cipratan air atau lumpur dan terpaan debu selama berada di jalan membuat septu cepat dekil. Akhirnya begitu libur tiba, dan cuaca tampak cerah, Anda berencana mencuci sepatu.

Masalahnya Anda cenderung memperlakukan sepatu sama saja dengan celana jins, yaitu mencucinya dengan ‘kasar’. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci sepatu.

1. Tidak melepas talinya

Semalas-malasnya Anda, sebisa mungkin lepaskan talinya sebelum Anda mencucinya. Tali yang tetap terikat di lubang sepatu tak hanya membuat sepatu tak maksimal bersihnya, tapi juga membuat tali sepatu menjadi cepat rusak seratnya, bahkan terkoyak. Anda ingin sepatu terlihat seperti baru, kan?

2. Mencuci dengan sikat

Bahan sepatu tidak sama dengan baju, jadi hindari menyikatnya dengan sikat kain yang kaku dan menggunakan detergen untuk pakaian.

Detergen ini dapat merusak karet yang melapisi sol sepatu sehingga tak lagi rekat dan sepatu menjadi cepat melar.

Selain itu, detergen juga merusak permukaan sepatu—terutama sneakers—sehingga membuat ujungnya mudah kering dan pecah-pecah.

Baca Juga

Menyikat sepatu dengan sikat kaku juga menimbulkan goresan pada permukaannya. Jika ingin menyikatnya untuk menghilangkan kotoran yang menempel, gunakan sikat gigi bekas bersikat halus.

3. Menggunakan detergen pakaian

Pakailah detergen khusus sepatu—yang biasanya dijual di toko sepatu dan teksturnya cair—agar sepatu tetap awet.

Cairan pembersih sepatu ini juga mampu menghilangkan aroma tak sedap dari dalam sepatu. Biasanya digunakan dengan cara direndam bersama sepatu. Jika Anda ragu menggunakannya, gunakan jasa pencuci sepatu.

4. Langsung memasukkan ke dalam mesin cuci

Sepatu bisa dicuci dengan mesin cuci, terutama yang menggunakan satu tabung. Caranya lepaskan tali sepatu lalu masukkan tali sepatu ke dalam kantung kain kecil.

Lalu masukkan sepatu ke dalam kantung kain yang besar—boleh juga menggunakan sarung bantal—setelah itu masukkan ke dalam mesin cuci.

Tambahkan air dan detergen cair yang lembut lalu putarlah mesinnya. FYI, mencuci dengan mesin bukan bertujuan menghilangkan noda melainkan mengurangi aroma tak sedap di dalam sepatu.

Setelah itu jemur sepatu dengan menambahkan gumpalan koran bekas di dalamnya untuk mencegah sepatu melar.

Nah, setelah mencuci, dalam menyimpan sepatu pun juga harus benar.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat