HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Coba Makanan Dan Minuman Ini Saat Mood Anda Sedang Turun

9

HARIANACEH.co.id – Mood kita memang tidak selamanya stabil. Jika hari ini mood Anda sedang turun, coba makanan dan minuman ini. Dijamin, Anda akan kembali bergairah menikmati hari.

Daging merah

Daging merah. (taranatureepa.co.id)
Daging merah. (taranatureepa.co.id)

Asal diolah dengan cara yang benar dan dikonsumsi dalam porsi tepat, tidak perlu paranoid berlebihan untuk menikmati bahan makanan satu ini. Dan ternyata, daging yang masak secara medium jauh lebih sehat dibanding yang dimasak terlalu matang. Dimasak dengan api sedang dibanding api bertemperatur terlalu tinggi pun membantu mengurangi reaksi-reaksi kimia yang kurang baik bagi kesehatan, terjadi selama proses pengolahan daging. Kalau ditanya berapa porsi yang tepat, Andalah yang paling tahu. Tanyakan hal ini pada diri, “Apakah saya melakukan aktivitas yang cukup untuk membakar kalori? Apakah saya pun rajin mengonsumsi buah dan sayur sesering saya mengonsumsi daging?”

Kopi

Kopi. (pegipegi.com)
Kopi. (pegipegi.com)

Kopi menstimulasi pelepasan si hormon bahagia dopamine. Menurut Dr Owen Bain, pendiri badan konsultasi Gourmet Focus, “1 jam setelah minum kopi, terjadi pengurangan level kecemasan dan penambahan perasaan puas.” Tambahnya, perempuan yang minum kopi secara reguler terbukti jarang stres. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Dana Farber Cancer Institute Amerika Serikat, kopi dapat meningkatkan kemungkinan sembuh bagi penderita kanker usus, juga membantu mencegah kembalinya penyakit tersebut. Mereka melakukan penelitian terhadap hampir 1.000 pasien kanker usus stadium 3 yang telah melakukan operasi dan kemoterapi. Setelah mengonsumsi sekitar 2-3 cangkir kopi per hari (sekitar 460 miligram kafein) selama beberapa waktu, disinyalir 42% pasien tidak terserang penyakit itu kembali. Namun selain minum kopi, tentunya pola hidup sehat juga harus tetap diterapkan.

Makanan laut

Makanan laut. (ksrpmi.unila.ac.id)
Makanan laut. (ksrpmi.unila.ac.id)

Lemak sehat atau omega-3 sebagai nutrisi yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah dari dan ke otak, serta memastikan oksigen serta nutrisi lain sampai ke otak lewat aliran darah banyak terdapat pada ikan dan makanan laut segar lainnya. Ini juga ampuh mencegah penyakit jantung. Selain itu, makanan ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian, baik untuk mengonsumsi ikan atau makanan laut segar lainnya 2 kali dalam seminggu. Yuk, mulai sekarang jangan lewatkan makanan ini dalam menu sehat Anda.

Buntut sapi

Sop buntut sapi. (masakanpraktis.com)
Sop buntut sapi. (masakanpraktis.com)

Siapa bilang buntut jahat buat kesehatan? Buntut merupakan sumber protein baik bagi tubuh. Tidak ada kandungan karbohidrat sama sekali di dalam makanan ini, sementara kandungan lemak dan kolesterol dalam sajian 100 gramnya termasuk normal cenderung rendah. Sementara, makanan ini memiliki kandungan lain yang baik bagi tubuh, seperti sodium, kalsium, dan zat besi. Terlebih, kalau buntut diolah dengan bahan-bahan pendukung lain yang sehat.

Sambal

Sambal pedas. (resepnasional.com)
Sambal pedas. (resepnasional.com)

Konon semakin pedas sambal Anda, segala stres yang dirasa dapat hilang seketika. Mitos, atau bukan? Yang pasti, mengonsumsi sambal ternyata juga memiliki nilai kesehatan. Karena cabai sebagai bahan utama dari sambal kaya akan serat. Selain itu, bahan-bahan pendukung sambal seperti tomat, bawang putih, dan bawang merah, masing-masing memiliki fungsi yang baik untuk mencegah kanker, menjaga jantung tetap sehat, dan mengontrol gula darah. Dan berkat sambal, metabolisme tubuh meningkat sampai 8%. Hal ini menyebabkan proses pembakaran kalori terjadi lebih cepat sehingga berat badan seimbang. Tapi apa yang terjadi bila mengonsumsi sambal secara berlebihan, Anda tanggung sendiri, ya.

Es krim

Es krim. (carajuki.com)
Es krim. (carajuki.com)

Es krim adalah produk makanan olahan susu. Susu ternyata ada hubungannya dengan PMS yang diderita perempuan, lho. Yaitu, mampu meningkatkan energi dan mood baik sehingga penderitaan yang dirasa saat PMS pun dapat terobati. Wah, sepertinya sekarang es krim dapat menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi menjelang menstruasi.

Teh

Teh. (bacadata.com)
Teh. (bacadata.com)

Teh sudah dikenal sebagai jenis minuman sehat yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Banyak kandungan baik dalam teh dengan banyak pula fungsi kesehatan di baliknya. Seperti misalnya saja, teh mampu menjaga metabolisme tubuh berkat kandungan polifenol katekin yang mengeluarkan energi pada tubuh. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri, yang berimbas pada kesehatan jantung. Dan puncaknya, ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) pada daun sakti ini cukup tinggi, sehingga radikal-radikal bebas yang berbahaya bagi DNA pun dapat dilawan dengannya.
(tty)

loading...